TPA Cipayung Luber, Depok Lirik TPST Nambo

Selasa, 27 September 2016 - 19:02 WIB
TPA Cipayung Luber, Depok Lirik TPST Nambo
TPA Cipayung Luber, Depok Lirik TPST Nambo
A A A
DEPOK - Pemerintah Kota Depok mengeluarkan surat percepatan pengiriman sampah ke Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Nambo, Bogor. Hal itu karena TPA Cipayung Depok kondisinya sudah semakin kritis dan kelebihan kapasitas.

Sebulan terakhir setiap kali hujan deras terjadi pergeseran tanah yang menyebabkan sampah longsor atau amblas. Karena sampah di setiap kolam menampung air hujan dan ditambah tekanan alat berat.

“Bingung kami buang sampah kemana. Karena TPA Cipayung sudah penuh. Sedang cari teknologi yang tepat untuk kelola sampah sendiri. TPA Nambo sangat diharapkan banget karena itu kami keluarkan surat percepatan permohonan pada Gubernur Jawa Barat,” kata Kepala UPT TPA Cipayung Depok, Iyay Gumilar, Selasa (27/9/2016).

Iyay menambahkan sudah ada perjanjian untuk mengurangi jumlah volume sampah yang diangkut ke Depok akan berkurang jika sudah diangkut ke TPST Nambo. Namun TPST Nambo belum mulai dioperasikan.

“Masih belum bisa buang sampah kesana, padahal kami butuh sekali. Masih ada yang kurang apa disana untuk dioperasikan. Kalau sudah bisa diangkut kesana akan dikirim 500 ton, beban kami akan berkurang,” jelasnya.

Setiap hari ada 750 ton sampah dibuang ke TPA Cipayung. Saat ini pihaknya tengah memperbaiki kolam Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) yang rusak akibat longsornya sampah.

“Ini hanya Depok saja sampah yang masuk, kalau DKI juga kirim kesini bisa luber. Kami masih mencari teknologi tepat guna untuk memilah sampahnya kepada pemerintah pusat,” tandasnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4439 seconds (0.1#10.140)