Sapi Kurban Ngamuk hingga Tercebur ke Kali Cipinang Dukuh Kramat Jati

Kamis, 29 Juni 2023 - 02:50 WIB
loading...
Sapi Kurban Ngamuk hingga Tercebur ke Kali Cipinang Dukuh Kramat Jati
Seekor sapi kurban seberat 350 kilogram (kg) mengamuk hingga tercebur ke Kali Cipinang, Jalan Penggilingan Baru, Kelurahan Dukuh, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur, Rabu (28/6/2023). Foto/Muhammad Farhan
A A A
JAKARTA - Seekor sapi kurban seberat 350 kilogram (kg) mengamuk hingga tercebur ke Kali Cipinang, Jalan Penggilingan Baru, Kelurahan Dukuh, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur, Rabu (28/6/2023). Peristiwa itu terjadi saat sapi tersebut diantar ke Masjid Jami Ar-Raudhah, Dukuh, Kramat Jati.

Ketua Panitia Kurban Masjid Jami Ar-Raudhah Supriyono menjelaskan sapi tersebut mengamuk saat sedang ditangani petugas pengantar dari penjualnya. Setelah tali terlepas, sapi tersebut mengamuk hingga berlari sejauh 50 meter sampai tercebur ke aliran Kali Cipinang.

"Kronologinya dari pihak penjual, menurunkan sapi dari kendaraan itu langsung lepas. Mungkin karena salah teknis pada saat menggiringnya. Dari lokasi, kurang lebih 50 meterlah," ujar Supriyono di lokasi.





Dia mengatakan, sapi tersebut tercebur ke aliran Kali Cipinang pada pukul 10.00 WIB. Sebelum tercebur, kata dia, sapi tersebut mengamuk berputar-putar di sekitar pekarangan permukiman warga.

"Enggak serta merta (langsung kecebur ke kali), tadinya berputar-putar dulu di pekarangan halaman depan rumah warga. Sempat dikejar juga sama warga, tetapi karena sapi ini lumayan buas ya, akhirnya kami menyerah dan sapi itu kecebur ke kali," jelas Supriyono.

Saat sudah tercebur, sapi tersebut pun tak bisa lari ke mana pun karena kali tersebut cukup menenggelamkan setengah badannya. Lantaran warga menunggu lama tindakan dari penjual, Supriyono pun berinisiatif menghubungi Sudin Gulkarmat Jakarta Timur untuk melakukan evakuasi.

"Sapi itu tidak langsung dievakuasi setelah tercebur, karena tadinya kami berpikir dari pihak penjual yang bertanggung jawab. Jadi panitia menunggu dari pihak sana. Tetapi sampai sore tadi, sepertinya penjual sedang sibuk, kami mengambil inisiatif untuk menghubungi damkar," terang Supriyono.

Sementara itu, Kasie Ops Sudin Gulkarmat Jakarta Timur Gatot Sulaeman menjelaskan lima personel dikerahkan untuk melakukan evakuasi. "Kami mulai melakukan evakuasi sekira pukul 17.13 WIB. Proses evakuasi dinyatakan usai pada pukul 18.14 WIB," ujar Gatot dalam keterangannya.

Gatot menuturkan, proses evakuasi sapi mengamuk seberat 350 kg itu menggunakan tripod dan tali yang diikatkan ke badan sapi. "Sapi berhasil dievakuasi, proses evakuasi menggunakan sistem tripod dan dibantu oleh warga," pungkasnya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1819 seconds (0.1#10.140)