PP Muhammadiyah Imbau Penyembelihan Hewan Kurban Dilakukan Besok, Begini Kata PDM Jaktim

Rabu, 28 Juni 2023 - 11:36 WIB
loading...
PP Muhammadiyah Imbau Penyembelihan Hewan Kurban Dilakukan Besok, Begini Kata PDM Jaktim
Sejumlah panitia tengah melakukan penyembelihan hewan kurban. Foto: SINDOnews/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Jakarta Timur membebaskan jemaahnya untuk penyembelihan hewan kurban hari ini atau besok. Sebelumnya, Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah mengimbau untuk penyembelihan hewan kurban mengikuti hari raya yang ditetapkan oleh pemerintah yakni besok atau Kamis 29 Juni 2023.

Ketua PDM Jakarta Timur, Nur Rianto Al-Arif menyampaikan, meski membebaskan keputusan penyembelihan hewan kurban, sejumlah pimpinan cabang Muhammadiyah (PCM) di Jakarta Timur tetap menyembelih hewan kurban pada esok hari.



"Kami menyerahkan kepada masing-masing cabang untuk proses pelaksanaan penyembelihannya karena kondisi setiap cabang berbeda-beda," ujar Arif saat dihubungi MPI, Rabu (28/6/2023).

Ia mencontohkan, untuk PCM Duren Sawit II, kegiatan penyembelihan dan pendistribusian hewan kurban tetap dilakukan besok. Dia mengatakan, keputusan tersebut sudah disepakati bahkan jauh sebelum imbauan PP Muhammadiyah.

"Contohnya di Cabang Duren Sawit II, kami akan melakukan proses penyembelihan sampai pendistribusian memang di esok hari dan hal tersebut sudah kami putuskan sebelum ada imbauan dari Pak Sekum PP Muhammadiyah," jelas Arif.



Sementara itu, Sekretaris Badan Pengurus Harian (BPH) RS Islam Jakarta Muhammad Ziyad menjelaskan, penyembelihan hewan kurban tetap dilaksanakan pada hari ini di Rumah Sakit Islam Pondok Kopi. Ia mengatakan, ketentuan penyembelihan yang tetap dilaksanakan hari ini dikarenakan anjuran PP Muhammadiyah agar melakukan penyembelihan melalui rumah pemotongan hewan (RPH).

"Tentu kita mengikuti imbauan dari PP Muhammadiyah, tetapi memang ada dalam anjuran tersebut untuk agar dipotong oleh RPH yang dilakukan secara profesional," jelas Ziyad.

Ketua Lembaga Pembinaan Haji dan Umroh PP Muhammadiyah itu mengatakan karena sudah ada akad dengan RPH itu, sejumlah tempat di PCM tetap melaksanakan penyembelihan kurban. Meski demikian, ia menjelaskan penyembelihan hewan dilakukan secara tertutup guna menghormati umat Islam lainnya yang belum melaksanakan Iduladha.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2275 seconds (0.1#10.140)