Besok Muhammadiyah Mulai Puasa, Masjid Al Manar Bekasi Gelar Salat Tarawih

Minggu, 10 Maret 2024 - 20:36 WIB
loading...
Besok Muhammadiyah Mulai Puasa, Masjid Al Manar Bekasi Gelar Salat Tarawih
Masjid Al Manar, Wisma Asri, Bekasi Utara menggelar salat tarawih. Foto/Danandaya Arya Putra
A A A
BEKASI - Organisasi Islam Muhammadiyah akan menjalani ibadah puasa Ramadan mulai Senin, 11 Maret 2024, besok. Hal itu berdasarkan Maklumat Pimpinan Pusat Muhammadiyah tentang Hasil Hisab Ramadan, Syawal, dan Zulhijah 1445 Hijriah.

Atas keluar maklumat tersebut, dari pantauan MNC Portal Indonesia di Masjid Al Manar, Wisma Asri, Bekasi Utara, tampak puluhan jamaah berbondong-bondong melaksanakan salat tarawih. Mereka terlihat membawa perlengkapan salat. Sementara untuk yang perempuan langsung menggunakan mukena.

“Masjid Al-Manar Taman Wisma Asri, ini sudah diumumkan jauh-jauh hari untuk satu Ramadan dan tadi juga dipastikan juga hari ini hari pertama untuk salat tarawih jadi hari Ahad tanggal 10 Maret ini atau bertepatan dengan malam tanggal 1 Ramadan,” ujar Imam Masjid Al Manar Amin saat ditemui MNC Portal Indonesia, Minggu (10/3/2024).



Dia menjelaskan, menyambut hari pertama salat tarawih pihaknya telah mempersiapkan sarana dengan baik, seperti karpet, saluran air untuk berwudhu jamaah dan CCTV. Masjid Al Manar juga selama bulan suci Ramadan akan menyediakan takjil gratis untuk berbuka puasa.

"Setiap hari di sini, salat tarawih dan ada buka puasa bersama, insyaallah besok buka puasa bersama ada takjil," sambungnya.

Meskipun terdapat perbedaan antara Muhammadiyah dengan Nahdatul Ulama (NU) dalam penetapan satu syawal, dia meminta agar sesama umat Islam saling menghargai. Kata dia, jangan sampai perbedaan ini justru membuat masyarakat saling bertengkar.

"Sebenarnya enggak perlu direspons berlebihan ya, masing-masing punya acuan panduan dan itu silakan dilaksanakan sesuai keyakinan masing-masing yang penting tidak saling mencela, memaki, karena ini ibadah semuanya harus kondusif," katanya.

Hal itu berdasarkan Maklumat Pimpinan Pusat Muhammadiyah tentang Hasil Hisab Ramadan, Syawal, dan Zulhijah 1445 Hijriah. Dikutip dari laman resmi muhammadiyah.or.id dijelaskan berdasarkan Maklumat Pimpinan Pusat Muhammadiyah Nomor 1/MLM/I.0/E/2024 tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadan, Syawal, dan Zulhijah 1445 Hijriah, puasa Ramadan 1445 H akan jatuh pada Senin, 11 Maret 2024.

Maklumat tersebut telah ditandatangani oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir dan Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu’ti pada Jumat, 12 Januari 2024.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7096 seconds (0.1#10.140)