Catat! Libur Panjang Iduladha, Jalur Puncak Bogor Ganjil Genap Mulai Selasa Besok

Senin, 26 Juni 2023 - 12:10 WIB
loading...
Catat! Libur Panjang Iduladha, Jalur Puncak Bogor Ganjil Genap Mulai Selasa Besok
Polisi memberlakukan sistem ganjil genap menuju kawasan Puncak, Bogor, selama libur panjang Iduladha 1444 H. Foto: SINDOnews/Dok
A A A
BOGOR - Polisi memberlakukan sistem ganjil genap menuju kawasan Puncak, Bogor, selama libur panjang Iduladha 1444 H. Ganjil genap di jalur Puncak diberlakukan mulai Selasa 27 Juni hingga 2 Juli 2023.

"Sesuai dengan ditetapkannya libur nasional, maka kami juga akan menyesuaikan sesuai Permenhub Nomor 84 Tahun 2021, bahwa pada saat sebelum weekend, satu hari menjelang libur nasional dan cuti bersama, itu ya kami laksanakan pemeriksaan ganjil genap," kata KBO Satlantas Polres Bogor Iptu Ardian Novianto, Senin (26/6/2023).

Akan tetapi, kata dia, pelaksanaan ganjil genap dilakukan secara situasional atau tergantung kondisi lalu lintas di lapangan. Apabila terjadi kepadatan, maka diterapkan rekayasa lalu lintas lain, seperti oneway atau buka tutup sepenggal.

"Kita mulai besok di hari Selasa sore dan malam hari. Kemudian mulai hari Rabu pagi, sore, dan malam. Kita laksanakan dengan situasional arus lalu lintas," katanya.



Personel yang akan diterjunkan untuk mengamankan jalur Puncak sebanyak 150 orang, terdiri dari Satlantas Polres Bogor, TNI, Satpol PP, Dishub, dan lainnya. Seluruh personel itu akan disebar di berbagai titik sepanjang jalur Puncak.

"Kalau untuk antisipasi cuti libur panjang kami memang seperti saat long weekend. Yang lalu itu disiapkan di hari Rabu, itu dengan Dishub, Satpol PP, TNI dan BPBD, kurang lebih 150 personel. Untuk lalu lintas itu 100 personel," ungkap Ardian.

Ardian mengimbau kepada pengendara yang akan melintasi jalur Puncak, agar memastikan kendaraan dalam kondisi prima dan mematuhi aturan serta petugas di lapangan. Termasuk mewaspadai titik rawan bencana, karena kondisi cuaca tidak menentu di kawasan Bogor.

"Saat ini di kawasan Puncak itu cuacanya sudah cenderung setiap hari mendung dan bahkan hujan, itu mohon untuk berhati-hati," ucapnya.


"Persiapkan kendaraan, lampuny, penerangannya, karena nanti akan adanya kabut. Kemudian memarkirkan kendaraan tidak di bahu jalan dan tidak dekat pohon, nanti dikhawatirkan longsor atau pohon tumbang," tutupnya.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1201 seconds (0.1#10.140)