Jorok! Lahan Kosong Jadi Gunung Sampah di Bintara Bekasi

Jum'at, 23 Juni 2023 - 16:40 WIB
loading...
Jorok! Lahan Kosong Jadi Gunung Sampah di Bintara Bekasi
Lahan kosong menjadi tempat pembuangan sampah (TPS) liar di Bintara, Bekasi Barat, Kota Bekasi. Akibatnya, sampah menggunung. Foto: iNews/Jonathan Nalom
A A A
BEKASI - Sebuah lahan kosong di wilayah Kelurahan Bintara, Kecamatan Bekasi Barat, Kota Bekasi viral belakangan ini. Hal itu menyusul munculnya tempat pembuangan sampah (TPS) liar yang sampahnya sudah menggunung.

Berdasarkan pantauan SINDOnews, gunung sampah itu sudah menjulang sangat tinggi. Tumpukannya bahkan jauh melampaui tinggi bedeng-bedeng yang terlihat berada di sekitar lokasi.

Sampah-sampah yang ditampung mayoritas merupakan sampah rumah tangga seperti plastik atau bekas makanan. Keberadaan TPS liar itu memunculkan bau tak sedap tercium pada perkumimam yang berada di sekitarnya.



Aktivitas buang sampah juga masih terlihat hingga saat ini. Beberapa di antaranya menurunkan sampah menggunakan motor bak. Warga sekitar, Atminah mengaku keberadaan TPS liar sudah mulai mengganggu kenyamanan tempat tinggalnya.

Hal itu lantaran bau tak sedang yang kerap muncul. “Bau banget airnya, kalau hujan sudah enggak kuat,” kata Atminah, Jumat (23/6/2023).

Keberadaan TPS liar ini pun disebut-sebut sudah berlangsung selama empat tahun kebelakang. Namun demikian, belum ada tindakan apa pun dari Pemerintah Kota Bekasi untuk menutup tempat itu.

“Katanya (TPS liar mau ditutup). Tapi mana enggak jadi-jadi,” ungkapnya.



Wartawan menemui Danhil Adha, pria yang mengaku sebagai pemilik lahan. Menurutnya lahan kosong itu digunakan sebagai tempat masyarakat membuang sampah lantaran warga setempat tidak memiliki akses pembuangan sampah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1985 seconds (0.1#10.140)