Antisipasi Kekeringan, Pemkab Bekasi Mitigasi Areal Pertanian

Minggu, 18 Juni 2023 - 06:39 WIB
loading...
Antisipasi Kekeringan, Pemkab Bekasi Mitigasi Areal Pertanian
Pemkab Bekasi melakukan upaya mitigasi terhadap areal persawahan guna mengantisipasi dampak kekeringan memasuki musim kemarau tahun ini. Foto/SINDOnews
A A A
BEKASI - Pemerintah Kabupaten Bekasi melakukan upaya mitigasi terhadap areal persawahan guna mengantisipasi dampak kekeringan memasuki musim kemarau tahun ini. Sebab, hampir ribuan hektar lahan pertanian warga terancam gagal panen.

”Kami tengah menyusun langkah penanganan terhadap lahan sawah berpotensi mengalami kekeringan. Sejumlah penanganan sudah kami lakukan,” kata Sekretaris Daerah Kabupaten Bekasi Dedy Supriyadi dalam keterangannya, Minggu (18/6/2023).

Dia mengatakan dari total 35.000 hektare luas lahan sawah dilindungi, sebagian di antaranya terancam kekeringan meski area yang terdampak tidak terlalu signifikan.



”Lahan sawah khususnya di wilayah sulit air dan irigasi menjadi fokus utama penanganan. Area ini tersebar di beberapa wilayah kecamatan rawan kekeringan,” katanya.

Menurut dia penanganan pencegahan kekeringan menjadi tanggung jawab bersama mulai dari Dinas Pertanian, BPBD, Dinas Sosial, Dinas Ketahanan Pangan, hingga Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga, dan Bina Konstruksi Kabupaten Bekasi.



Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi Nani Suwarni di Cikarang mengatakan, sejauh ini pihaknya tengah mengupayakan langkah mengatasi kekeringan di areal persawahan.

Upaya tersebut antara lain melakukan pergiliran komoditas tanaman ke tanaman yang tidak membutuhkan air, seperti komoditas hortikultura dan palawija.



Pihaknya juga akan menginventarisir pompa-pompa air di lokasi yang rawan kekeringan untuk meminimalisir dampak musibah tersebut terhadap areal persawahan. ”Sudah dilakukan di Kecamatan Karangbahagia, Bojongmangu, dan Cibarusah,” ucapnya.

Selain itu, percepatan masa tanam pun terus diupayakan di sejumlah wilayah yang memiliki tingkat ketersediaan air relatif mencukupi. ”Semoga kekeringan nanti bisa kami atasi sehingga tidak berdampak signifikan terutama bagi para petani,” tegasnya.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1394 seconds (0.1#10.140)