Jelang Putusan Sistem Pemilu, Gedung MK Dijaga Ketat Polisi Bersenjata Lengkap

Kamis, 15 Juni 2023 - 09:42 WIB
loading...
Jelang Putusan Sistem Pemilu, Gedung MK Dijaga Ketat Polisi Bersenjata Lengkap
Polisi bersenjata lengkap menjaga Gedung MK jelang putusan sistem proporsional terbuka. Foto: MPI/Irfan Maulana
A A A
JAKARTA - Gedung Mahkamah Konstitusi ( MK ), Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, dijaga ketat kepolisian bersenjata lengkap, jelang sidang sistem Pemilu 2024 proporsional terbuka , Kamis (15/6/2023). Nampak, puluhan Brimob dikerahkan dalam penjagaan gedung ini.

Pantauan MNC Portal Indonesia, terdapat dua mobil baja taktis jenis wilf dan satu mobil baja taktis jenis Barracuda. Para polisi tampak sudah berjaga sedari tadi.



Gugatan judicial review ini diajukan enam orang pemohon pada 14 November 2022. Mereka adalah Demas Brian Wicaksono (kader PDIP), Yuwono Pintadi (kader Nasdem), Fahrurrozi dan Ibnu Rachman Jaya.

Selain itu, ada juga Riyanto dan Nono Marijono. Keenamnya juga menunjuk Sururudin dan Iwan Maftukhan sebagai kuasa hukumnya. Mereka meminta MK mengembalikan sistem pemilu dari proporsional terbuka menjadi proporsional tertutup.



Kabar bocoran putusan MK sempat menghebohkan publik. Mantan Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Wamenkumham) Denny Indrayana mengungkap, adanya informasi perihal putusan MK akan mengembalikan pemilu pada sistem proporsional tertutup.

Hal ini disampaikan dalam akun Instagram pribadinya @dennyindrayana99.

"Pagi ini, saya mendapatkan informasi penting. MK akan memutuskan Pemilu legislatif kembali ke sistem proporsional tertutup, kembali memilih tanda gambar partai saja," kata Denny, Minggu 28 Mei 2023

Pakar hukum tata Negara itu juga mendapatkan informasi, jika komposisi putusan yang akan disampaikan Hakim MK akan adanya perbedaan pendapat atau dissenting opinion.

"Info tersebut menyatakan, komposisi putusan 6 berbanding 3 dissenting," katanya.



Diketahui, sistem proporsional terbuka adalah sistem pemilu di mana pemilih memiih langsung wakil-wakil legislatifnya. Sedangkan dalam sistem proporsional tertutup, pemilih hanya memilih partai politiknya saja.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1242 seconds (0.1#10.140)