Patroli Perintis Presisi Jadi Role Model Seluruh Polda di Indonesia

Rabu, 14 Juni 2023 - 17:50 WIB
loading...
Patroli Perintis Presisi Jadi Role Model Seluruh Polda di Indonesia
Kabaharkam Polri Komjen Pol Fadil Imran saat memimpin apel di Lapangan Polda Metro Jaya, Rabu (14/6/2023). Fadil meluncurkan Tim Patroli Perintis Presisi di seluruh jajaran Polda di Indonesia. Foto: MPI/Erfan Maaruf
A A A
JAKARTA - Kabaharkam Polri Komjen Pol Fadil Imran meluncurkan Tim Patroli Perintis Presisi di seluruh jajaran Polda di Indonesia. Tim tersebut tidak lagi hanya di Polda Metro Jaya .

Fadil mengatakan, Patroli Perintis Presisi akan menjadi role model atau panutan seluruh polda di Indonesia. "Apa yang sudah dikerjakan Polda Metro Jaya melalui Tim Patroli Perintis Presisi untuk roda dua dan tim patroli kota untuk roda empat, kita akan jadikan model untuk seluruh polda-polda di Indonesia, " ujarnya di Polda Metro Jaya, Rabu (14/6/2023).

Dia berharap fungsi preventif dan preemtif yang menjadi tugas pokok Baharkam Polri dapat terlaksana dengan baik ke seluruh jajaran. "Fungsi preemtif oleh Bhabinkamtibmas dan Polisi RW yang datang ke basis komunitas melakukan intervensi terhadap situasi-situasi yang bisa menjadi faktor kriminogenik, faktor yang mempengaruhi timbulnya kejahatan," kata mantan Kapolda Metro Jaya itu.



Kemudian, Patroli Perintis Presisi dan patroli kota yang akan melakukan langkah-langkah preventif terhadap potensi gangguan. “Kalau Sabhara itu yang diintervensi adalah PH (Police Hazard) potensi gangguan. Jika Binmas, Bhabinkamtibmas, Polisi RW dia intervensi adalah situasi yang menyebabkan orang melakukan kejahatan jadi jauh lebih dalam lagi, " jelasnya.

Dia berharap program Patroli Perintis Presisi dan Penguatan Bhabinkamtibas oleh Polisi RW, maka situasi kamtibmas lebih terkendali.

Menurut Fadil, penangkapan pelaku kejahatan itu adalah suatu kebanggaan, tapi mencegah suatu kejahatan adalah kemuliaan.

"Mudah-mudahan ini bisa terus terjadi sehingga Polri lebih dekat dengan masyarakat. Menurunnya angka kejahatan dengan turunnya polisi di tengah-tengah masyarakat semoga membuat Polri semakin dipercaya," katanya.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1618 seconds (0.1#10.140)