BRIN: Hiu Paus Muncul di Perairan Teluk Jakarta karena Mencari Makan

Senin, 05 Juni 2023 - 12:23 WIB
loading...
BRIN: Hiu Paus Muncul di Perairan Teluk Jakarta karena Mencari Makan
Sekelompok ikan hiu paus muncul di perairan Teluk Jakarta merupakan fenomena unik. Penampakan gerombolan hiu paus kemungkinan sedang mencari makan atau bermigrasi. Foto: Tangkapan Layar
A A A
JAKARTA - Sekelompok ikan hiu paus muncul di perairan Teluk Jakarta merupakan fenomena unik. Penampakan gerombolan hiu paus kemungkinan sedang mencari makan atau bermigrasi.

Menurut Peneliti Ahli Madya Pusris Oseanografi BRIN Fahmi, hiu paus biasanya menjelajah lautan secara individu tanpa berkelompok. "Saya pastikan dalam video tersebut bahwa ikan yang terlihat adalah jenis hiu paus atau dalam bahasa ilmiahnya Rhincodon Typus," ujarnya, Senin (5/6/2023).

"Kemunculan hiu paus secara bergerombol di Teluk Jakarta menjadi fenomena menarik karena memang bukan sifat dasar hiu paus ini berkelompok," sambungnya.



Terlihatnya gerombolan hiu paus kemungkinan besar mencari sumber makanan. "Faktor yang menyebabkan kenapa mereka bisa berkumpul kemungkinan di lokasi tersebut terdapat sumber makanan yang cukup melimpah baik itu kumpulan ikan atau jenis-jenis udang-udangan," kata Fahmi.

Sebelumnya, video viral di media sosial yang memperlihatkan sekelompok hiu paus muncul di perairan Teluk Jakarta tepatnya di kawasan Pantai Mutiara, Penjaringan, Jakarta Utara.

Wisatawan yang sedang bermain jet ski histeris saat melihat kemunculan hiu paus lalu langsung merekam momen tersebut. "Ini white shark, ini dua ekor, empat ekor, lima ekor, ada delapan ya," kata si perekam video. Kemunculan sekelompok hiu paus terjadi pada Sabtu (3/6/2023).
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1255 seconds (0.1#10.140)