Ashta District Senopati Jakarta Gelar Pameran Lukisan dan Peluncuran Buku Anak Berkebutuhan Khusus

Minggu, 21 Mei 2023 - 14:50 WIB
loading...
Ashta District Senopati Jakarta Gelar Pameran Lukisan dan Peluncuran Buku Anak Berkebutuhan Khusus
Anak berkebutuhan khusus Cerebral Palsy Teresa Olivia Purba (Olivia) (17) meluncurkan buku berjudul Beyond The Limit bersamaan dengan pameran lukisan karyanya di Ashta Mall District SCBD, Jakarta, Sabtu (20/5/2023). Foto: Ist
A A A
JAKARTA - Seorang anak berkebutuhan khusus "Cerebral Palsy" Teresa Olivia Purba (Olivia) (17) meluncurkan buku berjudul "Beyond The Limit" bersamaan dengan pameran lukisan karyanya. Olivia menuangkan potensi kreativitasnya dalam bentuk pemikiran-pemikiran yang filosofis dalam bukunya dan merefleksikannya dalam lukisannya.

Buku "Beyond The Limit" ini merupakan buku pertama yang ditulis Olivia. Sang penulis dibantu facilitator communicator membuat buku ini menjadi sebuah kerinduan karya seorang walaupun memiliki keterbatasan.

Nnamun, dia memiliki keinginan menjadi inspirasi dan berkat bagi orang lain melalui cerita kehidupannya dan melalui apa yang bisa dia lakukan.

“Harapannya melalui buku ini menjadi motivasi bagi siapa saja yang memiliki keterbatasan,” kata Daniel Purba, ayahanda Olivia saat peluncuran buku di Ashta Mall District SCBD, Jakarta, Sabtu (20/5/2023).

Menurut Daniel, buku ini juga bercerita bagaimana berjuang menembus keterbatasan tersebut menjadi lebih penting daripada meratapi ataupun menyerah atas segala situasi yang ada.

Diceritakan dalam buku ini bahwa kemampuan berjuang seorang Olivia juga tidak luput dari peran penting perjalanan iman kedua orang tuanya. Mulai dari memutuskan untuk meneruskan kehamilan janin Olivia di mana telah diketahui tidak normal dari awal hingga melewati masa-masa genting saat dia kecil dengan masalah kesehatannya dan ketika tumbuh.

Buku ini juga terlihat bagaimana besarnya penerimaan seluruh keluarga yang ikut berkontribusi besar untuk perkembangan Olivia.

Hal ini sangat memberi dampak bagi Olivia sehingga dia mampu berkarya menghasilkan sesuatu yang bisa menjadi contoh dan semangat bagi para anak kebutuhan khusus lainnya. Semua itu tercermin dari karya-karyanya berupa puisi, puisi lukisan, serta lagu hasil ciptaannya.

“Melalui buku ini Olivia juga ingin mengatakan bahwa dukungan eksternal untuk seorang anak berkebutuhan khusus seperti dari suster pengasuh, dari guru-guru dan sekolah sangat memegang peranan penting. Bagaimana suatu keterbatasan di tangan orang-orang yang tepat bisa menjadi sesuatu yang luar biasa,” ungkap Lisa Purba, ibunda Olivia.

Acara peluncuran buku ini diselenggarakan bersamaan dengan pembukaan pameran lukisan Olivia, "Beyond The Limit". Kegiatan ini merupakan bagian dari Program Ashta District 8 Senopati "Eccentric” Jakarta yang berlangsung sejak 19 Mei hingga 18 Juni 2023.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1917 seconds (0.1#10.140)