Peringati 25 Tahun Reformasi, Besok Aldera Gelar Jalan Sehat dari FX Sudirman hingga DPR

Sabtu, 20 Mei 2023 - 12:33 WIB
loading...
Peringati 25 Tahun Reformasi, Besok Aldera Gelar Jalan Sehat dari FX Sudirman hingga DPR
Aliansi Demokrasi Rakyat (Aldera) menggelar jalan sehat besok dari depan FX Sudirman Semanggi dan berakhir di DPR. Foto: SINDOnews/Arif Julianto
A A A
JAKARTA - Aliansi Demokrasi Rakyat (Aldera) menggelar jalan sehat besok dari depan FX Sudirman Semanggi dan berakhir di DPR. Jalan sehat ini untuk memperingati 25 tahun reformasi yang digelar pada Minggu 21 Mei 2023.

”Jalan sehat akan dimulai pukul 05.30 WIB. Rute jalan santai yang direncanakan mulai dari depan FX Sudirman, Semanggi, dan berakhir di DPR RI,” ujar Sekjen Aldera Pius Lustrilanang kepada wartawan, Sabtu (20/5/2023).

Dia mengatakan, aksi ini untuk memastikan pemilu yang akan berlangsung di tahun 2024 berjalan sesuai jadwal.



”Ide-ide tersebut (penundaan Pemilu) dilakukan secara sistematis, terus- menerus. Kami mengajak semua pihak waspada. Isu itu bisa saja muncul kembali kapan pun,” kata Pius.

Menurut Pius, demokrasi saat ini sudah berjalan cukup bagus, meskipun masih prosedural. Tapi menuju ke arah substantif.

”Kami sengaja memperingati 25 tahun ini karena ada kehendak inkonstitusional, tiga periode, perpanjangan masa jabatan, tunda Pemilu. Kami merasa penting merayakan 25 tahun reformasi untuk mengumpulkan kembali semua yang selama ini diam, tidak bersuara, untuk menunjukkan bahwa yang menolak hal konstitusional itu sangat banyak. Ada 72 persen rakyat Indonesia yang menolak,” jelas Pius.



Prosentase tersebut melansir survei yang dilakukan lembaga survei charta politika dan SMRC sepanjang tahun 2022. 72 persen rakyat Indonesia menolak jabatan tiga periode presiden dan penundaan pemilu.

Dia mengatakan, l peserta jalan sehat dalam memperingati 25 tahun reformasi adalah penolak berbagai wacana yang akan mengganggu pelaksanaan Pemilu 2024. Masyarakat yang ingin bergabung dalam jalan sehat harus mendaftar secara online lewat aplikasi
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1910 seconds (0.1#10.140)