Sejarah Stasiun Tanah Abang, Selalu Beradaptasi dengan Kondisi Padatnya Mobilitas Penumpang

Kamis, 04 Mei 2023 - 17:21 WIB
loading...
Sejarah Stasiun Tanah Abang, Selalu Beradaptasi dengan Kondisi Padatnya Mobilitas Penumpang
Stasiun Tanah Abang merupakan stasiun yang paling populer di Jakarta. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Stasiun Tanah Abang merupakan stasiun yang paling populer di Jakarta. Hal itu terlihat dari mobilitas stasiun yang tak pernah sepi.

Seperti stasiun pada umumnya, Stasiun Tanah Abang Jakarta juga memiliki sejarah yang menarik untuk diketahui. Terutama bagi mereka yang kerap menjadikan kereta api sebagai moda transportasinya.

Sejarah Stasiun Tanah Abang Jakarta

Stasiun Tanah Abang merupakan stasiun kereta api kelas besar tipe A yang terletak di kelurahan Kampung Bali, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat.



Peresmian Stasiun Tanah Abang dilakukan pada 1889 oleh perusahaan kereta api Hindia Belanda bernama Staatsspoorwegen Westerlijnen (SS-WL) bersamaan dengan pengoperasian jalur KA baru Jakarta-Angke-Rangkasbitung.

Bangunan asli stasiun ini telah dibongkar dan digantikan dengan bentuk bangunan berlantai dua seperti yang terlihat saat ini. Fasilitasnya pun semakin lengkap dengan adanya jembatan penyeberangan penumpang dan eskalator.

Dalam sejarahnya, perubahan bangunan tersebut diresmikan pada 3 Juni 1987 oleh Menteri Perhubungan, Haryanto Dhanutirto. Perubahan bangunan Stasiun Tanah Abang itu dibuat untuk mengakomodasi penumpang KRL Jabotabek yang kala itu sudah beroperasi di jalur Tanah Abang–Serpong.

Stasiun Tanah Abang hingga saat ini memiliki enam jalur sebagai jalur kereta lurus. Stasiun yang satu ini juga dilengkapi dengan dipo lokomotif di sebelah timur laut stasiun dan terhubung langsung dengan jalur 1.

Selain melayani KRL dan langsiran lokomotif, Stasiun Tanah Abang juga dijadikan tempat parkir untuk rangkaian Jayakarta yang merupakan KA penumpang cukup panjang dengan 15 kereta dalam satu rangkaiannya.



Sebelumnya Stasiun Tanah Abang pernah menjadi tempat parkir untuk rangkaian Gumarang dan kini rangkaian tersebut dipindahkan ke Stasiun Tanjung Priuk semenjak adanya rangkaian Jayakarta datang ke Stasiun Tanah Abang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1359 seconds (0.1#10.140)