Puslabfor Mabes Polri Pastikan AKBP Buddy Towoliu Tak Terpengaruh Narkoba dan Racun

Senin, 01 Mei 2023 - 19:28 WIB
loading...
Puslabfor Mabes Polri Pastikan AKBP Buddy Towoliu Tak Terpengaruh Narkoba dan Racun
Kabid Kimbiofor Puslabfor Bareskrim Mabes Polri Kombes Pol Wahyu Marsudi saat jumpa pers di Lantai 6 Mapolres Jakarta Timur, Senin (1/5/2023). Foto: MPI/Muhammad Farhan
A A A
JAKARTA - Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Mabes Polri telah melakukan pemeriksaan terhadap enam sampel jasad Kasat Narkoba Polres Jakarta Timur AKBP Buddy Alfrits Towoliu . Berdasarkan sampel itu, Puslabfor tidak menemukan adanya pengaruh obat-obatan maupun zat racun yang ada pada tubuh AKBP Buddy yang tewas tertabrak kereta api di Jatinegara.

Kabid Kimbiofor Puslabfor Bareskrim Mabes Polri Kombes Pol Wahyu Marsudi menerangkan, enam sampel barang bukti tersebut yakni darah 9 cc, urine sebanyak 15 cc, potongan hati korban, rambut korban, swab kuku tangan kanan, dan kuku tangan kiri. Keenam barang bukti sampe itu, lanjut Wahyudi, guna dilakukan pemeriksaan kandungan pestisida, arsenik, sianida, dan kandungan narkoba beserta alkohol.

"Dari keenam barang bukti yang kita terima tersebut, ternyata kita dapatkan hasil pestisida seluruhnya negatif, arsenik seluruhnya negatif, sianida seluruhnya negatif, alkohol negatif, dan juga narkobanya negatif," ujar Wahyudi saat jumpa pers di Lantai 6 Mapolres Jakarta Timur, Senin (1/5/2023).

Wahyudi memastikan, AKBP Buddy tidak dalam pengaruh narkoba maupun racun saat tertabrak Kereta Tegal Bahari di Stasiun Jatinegara. Ia menegaskan, berdasarkan hasil pemeriksaan Puslabfor tersebut akan memudahkan menyelidiki dugaan penyebab kematian AKBP Buddy tersebut.

"Jadi kita dari sisi Toksikologi sudah memastikan tidak terkandung material tersebut, sehingga dari sini, tentunya akan memudahkan dokter Forensik untuk menyimpulkan penyebab kematiannya," tegas Wahyudi.



Untuk diketahui, Almarhum Kasatres Narkoba Polrestro Jakarta Timur, AKBP Buddy Towoliu, sebelum ditabrak oleh Kereta Api Tegal Bahari di Stasiun Jatinegara, dirinya menaiki mobil yang disiapkan Istrinya. Buddy terlihat dalam rekaman CCTV, berjalan sendirian dari Mapolres Jakarta Timur menuju Stasiun Jatinegara.

Kapolres Metro Jakarta Timur, Kombes pol Leonardus Harapantua Simarmata mengungkapkan AKBP Buddy berangkat menuju kantornya dengan menaiki mobil yang disiapkan istrinya. Almarhum Buddy diantar oleh sepupunya yakni saksi Johnaedi Towoliu.

"Keterangan dari saksi atas nama Johnaedi Towoliu ini adalah sepupu dari pada almarhum menjelaskan bahwa korban dengan saksi ini berangkat dari rumah korban menuju ke Polres Metro Jakarta Timur menggunakan kendaraan atau mobil yang sudah disiapkan oleh istri daripada korban, dan ini tiba di Polres kurang lebih pukul 05.45 WIB," ujar Leonardus dalam jumpa pers di Mapolres Jakarta Timur, Senin (1/5/2023).
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1994 seconds (0.1#10.140)