Kronologi AKBP Buddy Towoliu ke Kantor Diantar Sepupu hingga Tewas Ditabrak Kereta Api

Senin, 01 Mei 2023 - 18:08 WIB
loading...
Kronologi AKBP Buddy Towoliu ke Kantor Diantar Sepupu hingga Tewas Ditabrak Kereta Api
Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Pol Leonardus Harapantua Simarmata menjelaskan kronologi kematian anak buahnya, Kasat Narkoba AKBP Buddy Towoliu. Foto: MPI/Muhammad Farhan
A A A
JAKARTA - Almarhum Kasat Narkoba Polres Jakarta Timur AKBP Buddy Towoliu , sebelum tewas ditabrak Kereta Api Tegal Bahari di Stasiun Jatinegara, dirinya menaiki mobil yang disiapkan istrinya. Buddy terlihat dalam rekaman CCTV, berjalan sendirian dari Mapolres Jakarta Timur menuju Stasiun Jatinegara.

Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Pol Leonardus Harapantua Simarmata mengungkapkan, AKBP Buddy berangkat menuju kantornya dengan menaiki mobil yang disiapkan istrinya. Almarhum Buddy diantar oleh sepupunya yakni saksi Johnaedi Towoliu.

"Keterangan dari saksi atas nama Johnaedi Towoliu ini adalah sepupu dari pada almarhum menjelaskan, bahwa korban dengan saksi ini berangkat dari rumah korban menuju ke Polres Metro Jakarta Timur menggunakan kendaraan atau mobil yang sudah disiapkan oleh istri daripada korban, dan ini tiba di Polres kurang lebih pukul 05.45 WIB," terang Leonardus dalam jumpa pers di Mapolres Jakarta Timur, Senin (1/5/2023).

Leonardus menjelaskan, setelahnya Buddy bersama sepupunya berjalan memasuki ruangan pribadinya, kemudian menyantap sarapan pagi yang disiapkan istrinya. Setelah itu, Leonardus mengungkapkan, Buddy kemudian meminum obat karena dirinya baru menjalani operasi batu empedu di Rumah Sakit Pondok Indah.

"Selama di ruangan ini korban sempat berganti baju kemeja berwarna putih mencoba tidur di ruangan istirahat. Namun ternyata tidak bisa tidur, terbangun lagi, membuka baju, selanjutnya mengganti kaos dengan memakai jaket hitam," terang Leonardus.

Leonardus melanjutkan, pada pukul 09.11 WIB, Buddy seorang diri keluar dari ruangannya dan menaiki lift untuk turun dari lantai empat. Buddy terlihat dalam rekaman CCTV berjalan menuju gerbang keluar Mapolrestro Jakarta Timur seorang diri.



"(AKBP Buddy) berjalan kaki seorang diri menyeberang jalan raya depan Polres Metro Jakarta Timur pada pukul 09.12 WIB ini sesuai dengan waktu di CCTV maupun di waktu sebenarnya," tuturnya.

Lebih lanjut, Leonardus menjelaskan, almarhum AKBP Buddy berjalan menuju Stasiun Jatinegara seorang diri hingga menuju rel double-double track perlintasan rel kereta api jalur 3. Ia mengungkapkan, berdasarkan keterangan saksi, Buddy sempat berdiri seorang diri di pinggir rel guna menunggu kereta Tegal Bahari yang melintas.

"Keterangan dari saksi masinis dan asisten masinis kereta api Tegal Bahari jurusan Pasar Senen-Tegal ini menjelaskan, bahwa masuk Stasiun Jatinegara ini kecepatan kereta 27 km/jam dengan jarak sekitar 300 meter," jelas Leonardus.

"Jadi saksi melihat korban berdiri itu seorang diri sambil mungkin melihat menengok ke kanan dan ke kiri di pinggir tembok bagian dalam pembatas area rel dan Jalan Raya Bekasi Timur. Kemudian saksi melihat korban berjalan ke rel jalur 3 atau tempat TKP yang akan dilewati oleh Kereta Api. Selanjutnya korban tertabrak dan meninggal dunia sekitar pukul 09.31 WIB," tutup Leonardus.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1526 seconds (0.1#10.140)