Malam Takbiran, Polres Jakpus Minta Warga Syiar di Masjid dan Tak Main Petasan

Jum'at, 21 April 2023 - 22:19 WIB
loading...
Malam Takbiran, Polres Jakpus Minta Warga Syiar di Masjid dan Tak Main Petasan
Kapolres Jakarta Pusat Kombes Pol Komarudin mengimbau warga Jakpus melakukan takbiran di masjid dan tidak main petasan. Foto: MPI/Dok
A A A
JAKARTA - Polres Jakarta Pusat melajukan pengawasanpenggunaan petasan di malam takbiran hingga perayaan Hari Raya Idulfitri 1444 Hijriah. Penindakan bagi pengguna petasan bukan peruntukannya sesuai undang-undang yang berlaku.

"Kami mengacu pada Undang-Undang. Kalau dilarang kami akan turunkan tim tertutup yang memang menindak dan memantau penggunaan mercon yang menyalahi aturan," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Komarudin setelah apel gelar pasukan di Monas, Jumat (21/4/2023).

Dalam hal ini, Komarudin menyebut, ada 783 personel gabungan yang akan disiagakan untuk mengamankan perayaan tersebut khususnya di tempat keramaian di Jakarta Pusat.

"Seperti Sudirman-Thamrin hingga Harmoni dan Benyamin Sueb. Lalu ada kawasan lain seperti KH Mas Mansyur yang hasil deteksi kami ada pusat kegiatan masyarakat," ucapnya.

Komarudin juga mengimbau, agar masyarakat melakukan takbiran di masjid sekitar tempat tinggal.

"Lebih baik syiar dan takbir di masjid yang ada. Tak perlu takbir apalagi konvoi di jalan. Kalau takbir pakai pikap bisa saja jatuh atau menimbulkan kecelakaan. Termasuk gesekan di jalan," ucapnya.



Di sisi lain, Komarudin menyebut pihaknya akan melihat volume kendaraan saat perayaan tersebut. Pihaknya akan melakukan penutupan jalan ketika arus lalu lintas memang sudah tidak bisa dilalui lagi.

"Kami akan koordinasi dengan Direktorat Lalu Lintas. Akan kami liat volume kendaraan dan diharapkan tak jadi titik kumpul masyarakat yang menggelar takbir," jelasnya.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2155 seconds (0.1#10.140)