Pergerakan Penumpang Capai 146.000 Orang, Hari Ini Diperkirakan Puncak Mudik di Bandara Soetta

Rabu, 19 April 2023 - 10:38 WIB
loading...
Pergerakan Penumpang Capai 146.000 Orang, Hari Ini Diperkirakan Puncak Mudik di Bandara Soetta
Hari ini diperkirakan mnejadi puncak arus mudik di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta). Foto/MPI/Isty Maulidya
A A A
TANGERANG - Hari ini diperkirakan mnejadi puncak arus mudik di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) . Pasalnya pada hari ini diperkirakan pergerakan penumpang mencapai 146.000 penumpang melintas di Bandara Soekarno-Hatta.

Pantauan MNC Portal di Terminal 3 Bandara Soetta, mulai terlihat adanya antrean panjang di counter check-in penerbangan domestik. Meski demikian, tidak terlihat penumpukan calon penumpang karena petugas dari PT Angkasa Pura II maupun pihak maskapai yang membantu mengarahkan calon penumpang agar bisa melakukan check-in lebih cepat.

"Traffic tertinggi sebelum Lebaran itu kemarin. Tapi kita proyeksi hari ini akan lebih tinggi. Kemarin di Bandara Soetta ada 1.300 pergerakan pesawat dan pergerakan penumpang sampai pukul 05.00 WIB subuh tadi ada 146.000," ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin, Rabu (19/4/2023).

Adanya perpanjangan cuti bersama membuat pergerakan penumpang lebih tersebar di periode mudik 2023. Sehingga, tidak ada penumpukan penumpang satu hari tertentu, dan sebaran penumpang yang akan berangkat lebih merata.

"Pada saat pemerintah menetapkan dimajukannya libur itu, kita sangat terdampak dan operator bandara itu sangat membantu sekali. Saya enggak kebayang kalau misalnya arus puncaknya itu tanpa adanya kegiatan cuti bersama itu dimajukan, itu bisa numpuk semua di tanggal 21 (April)," ujarnya.

Untuk rute favorit sendiri, Bandara Soekarno-Hatta- Bandara Kualanamu menjadi rute destinasi favorit pada periode mudik ini. Sementara Bandara Ngurah Rai, Bali menjadi destinasi favorit kedua disusul oleh Surabaya, Makassar, dan Padang.

"Jadi memang periode mudik ini juga digunakan masyarakat untuk berlibur, bukan hanya mudik," tuturnya.


Sementara itu, Director of Operation AP II Muhamad Wasid menuturkan, Bandara Soekarno-Hatta akan menjadi bandara paling sibuk dalam periode Lebaran 2023. Bandara Soekarno Hatta diprediksi akan melayani 3,19 juta pemudik pada periode angkutan Lebaran 2023.

“Bandara Soekarno-Hatta diproyeksikan melayani 3,19 juta orang pemudik atau naik sekitar 19,47% dibandingkan tahun lalu. Sementara untuk pergerakan pesawat mencapai 23.101 penerbangan atau naik dari sebelumnya sebanyak 20.779 penerbangan,” ujar Wasid.

Lebih lanjut, Wasid memaparkan total saat ini maskapai sudah mengajukan penerbangan tambahan (extra flight) di bandara-bandara AP II sebanyak total 1.016 penerbangan tambahan, di mana mayoritas yakni sebanyak 912 penerbangan tambahan ada di Bandara Soekarno-Hatta.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1711 seconds (0.1#10.140)