5 Makanan Khas Bekasi, Nomor Buncit Namanya Unik

Kamis, 06 April 2023 - 09:51 WIB
loading...
5 Makanan Khas Bekasi, Nomor Buncit Namanya Unik
Sayur Gabus Pucung menjadi salah satu makanan khas Betawi maupun warga Bekasi. Foto/Istimewa
A A A
BEKASI - Bekasi bukan daerah yang terkenal dengan kulinernya. Tapi hal itu bukan berarti Bekasi tidak memiliki makanan khas yang enak dan patut dicicipi. Bekasi mempunyai banyak sekali keberagaman kuliner.

Hal itu tak bisa lepas dari lokasi Bekasi yang dekat sekali dengan Jakarta, namun masuk ke daerah Jawa Barat. Oleh karena itu, kebanyakan makanan Bekasi memiliki cita rasa yang sama dengan makanan khas Betawi ataupun Sunda.

Lalu apa saja makanan yang wajib dicoba jika sedang berkunjung ke Bekasi? Berikut beberapa makanan khas Bekasi.

1. Sayur Gabus Pucung

Makanan ini jadi salah satu lauk paling favorit dan tidak boleh absen dalam menu santapan ketika hajatan orang Bekasi. Bahan utama sayur gabus pucung ini adalah ikan gabus goreng yang diracik dengan rempah-rempah khusus, termasuk kluwek.



Bahan kluwek inilah yang kemudian membuat kuahnya menjadi lebih hitam seperti kuah rawon. Rasa makanan ini sudah pasti gurih dan cocok banget jika dinikmati dengan nasi panas dan kerupuk.

Rekomendasi tempat makan yang menjual sayur gabus pucung enak bisa ditemukan di Jalan Jenderal Sudirman, di samping Kompleks GOR Bekasi.

2. Bandeng Rorod

Jika Palembang punya pempek dan Surakarta punya surabi, maka Bekasi punya bandeng rorod sebagai makanan yang pas dijadikan oleh-oleh. Berbeda dengan bandeng presto biasanya, bandeng rorod khas Bekasi ini memiliki tekstur yang lebih lunak dan tanpa duri.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5303 seconds (0.1#10.140)