Antisipasi Kekerasan, Satgas Pelajar Harus Diperkuat

Jum'at, 31 Maret 2023 - 08:25 WIB
loading...
Antisipasi Kekerasan, Satgas Pelajar Harus Diperkuat
Sekretaris Komisi IV DPRD Kota Bogor Devie Prihatini Sultani mengatakan, DPRD Kota Bogor akan menguatkan Satgas Pelajar dari sisi anggaran saat FGD di Kantor Disdik Kota Bogor, Rabu (29/3/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
BOGOR - DPRD Kota Bogor akan menguatkan Satuan Tugas (Satgas) Pelajar dari sisi anggaran. Tujuannya agar Satgas Pelajar bisa maksimal menekan angka kekerasan pelajar di Kota Bogor.

Sekretaris Komisi IV DPRD Kota Bogor Devie Prihatini Sultani mengungkapkan penguatan Satgas Pelajar merupakan tindakan preventif. Bukan hanya tindakan reaktif setelah terjadi kejadian kekerasan pelajar.

Dengan demikian hal ini harus dilakukan dengan maksimal. "Jadi kami harap saat rapat kerja nanti, pihak Disdik Kota Bogor akan mengajukan anggaran yang sesuai untuk keberlangsungan Satgas Pelajar," kata Devie dalam acara Focus Group Discussion (FGD) yang digelar di Kantor Disdik Kota Bogor, Rabu (29/3/2023).

Dalam FGD tersebut turut hadir Kapolresta Bogor Kota, Kombes Pol Bismo Teguh Prakoso, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kota Bogor Waito Wongateleng, dan Kepala Disdik Kota Bogor Sujatmiko. Termasuk juga kepala sekolah SMP Negeri dan Swasta se-Kota Bogor serta Satgas Pelajar.

Devie menekankan perlu kolaborasi antara aparat penegak hukum dengan Pemkot Bogor dalam menekan angka kekerasan pelajar. Misalnya, program yang dimiliki aparat penegak hukum bisa dimasukkan dalam kurikulum belajar.

Tujuannya agar edukasi terhadap pelajar tidak hanya mencari nilai rapor, tetapi juga dalam bermasyarakat.
"Seperti program jaksa masuk sekolah adalah hal yang perlu kita dukung dan kita kolaborasikan," ungkapnya

Selain itu, lanjut Menurut Devie, perlu ada hukuman kepada pelaku kekerasan pelajar agar mendapatkan efek jera. Meski mereka masih di bawah umur dan dilindungi UU, namun perlu diberikan hukuman. "Karena kekerasan pelajar bukanlah perbuatan anak-anak, tapi lebih kepada tindakan kriminal," tegasnya.

Devie menilai semua elemen yang terkait harus sama-sama mendorong dan membantu agar kekerasan pelajar tidak lagi terjadi. "Kegagalan kita adalah manakala ada murid sekolah kita yang melakukan tindakan kriminal. Kita harus serius menangani hal-hal semacam ini karena kita negara hukum," ungkapnya.

Lebih lanjut, politisi Partai NasDem ini mendorong Diskominfo Kota Bogor untuk menambah pengadaan CCTV di jalanan Kota Bogor. Hal ini dapat membantu polisi memonitor dan investigasi jika terjadi kekerasan pelajar.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1210 seconds (0.1#10.140)