Turap Kali Bocor, Warga Perumahan PBI Ciputat Waswas Banjir Susulan

Senin, 27 Maret 2023 - 12:00 WIB
loading...
Turap Kali Bocor, Warga Perumahan PBI Ciputat Waswas Banjir Susulan
Warga Perumahan Puri Bintaro Indah (PBI) Jombang, Ciputat, Tangsel, khawatir dengan banjir susulan karena turap di sisi perumahan bocor. Foto/MPI/Hambali
A A A
TANGERANG SELATAN - Warga Perumahan Puri Bintaro Indah (PBI) Jombang, Ciputat, Tangerang Selatan (Tangsel), khawatir dengan banjir susulan yang akan melanda permukiman mereka. Pasalnya, turap yang baru dibangun di sisi perumahan bocor.

Pantauan di lokasi, Senin (27/03/23) pukul 11.00 WIB hujan deras kembali mengguyur wilayah tersebut. Warga sekitar pun mulai bersiap mengantisipasi jika hujan deras berlangsung lama, hingga memicu banjir sebagaimana terjadi Minggu, 26 Maret 2023 malam.

Air dari aliran kali di sisi Perumahan PBI masuk ke jalan perumahan akibat adanya pangkal dinding turap yang bocor.


"Ada kebocoran di belakang, pas tikungan, cukup deras juga itu kebocorannya. Baru itu titik bocor yang terpantau," ungkap Ketua RT setempat, Darmanto ditemui di lokasi.

Perumahan PBI kerap dilanda banjir jika hujan deras. Warga sebenarnya sempat merasa lega dengan peresmian pembangunan turap Kali PBI pada 2 Maret 2023 lalu.

Turap itu dibangun sepanjang 340 meter di sisi kanan dan 450 meter di sisi kiri kali. Dinding turap kali PBI dibuat meninggi sekira 2 meter hingga mampu membendung luapan permukaan kali saat hujan deras turun.

Namun kemarin sore, air dari kali masuk melalui bocoran pada turap. Selain itu, penyebab lain adalah drainase yang tak berfungsi dengan baik akibat tersumbat sampah.

Warga berharap, kebocoran turap Kali PBI segera diperbaiki guna mencegah luapan air kali masuk ke perumahan. "Semoga cepat bisa diperbaiki, takutnya yang bocor makin besar dan melebar. Apalagi cuaca mendung terus seperti ini, kita jadi merasa waswas selama belum tuntas diperbaiki," ucap Sugeng, warga perumahan.

(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2114 seconds (0.1#10.140)