Berkat Program Entrepreneur, Siswa SMA IAS AL-Jannah Ciptakan Produk Bisnis Bizzle

Jum'at, 24 Maret 2023 - 14:02 WIB
loading...
Berkat Program Entrepreneur, Siswa SMA IAS AL-Jannah Ciptakan Produk Bisnis Bizzle
SMA Islam Alam Sains (IAS) Al-Jannah, Cibubur, Jakarta Timur menciptakan sejumlah produk bisnis yang dikelola melalui Ajesco atau Perusahaan siswa SMA IAS Al-Jannah tahun 2023. Foto: Istimewa
A A A
JAKARTA - SMA Islam Alam Sains (IAS) Al-Jannah, Cibubur, Jakarta Timur menciptakan sejumlah produk bisnis yang dikelola melalui Ajesco atau perusahaan siswa SMA IAS Al-Jannah tahun 2023. Sejumlah produk itu dilombakan dan menyabet penghargaan .

Guru Pembimbing Ajesco Poppy Lispia mengatakan, terciptanya Ajesco didasari oleh adanya program entreprenenur atau kewirausahaan di sekolah. Dalam program itu, siswa diajarkan teori dan praktik berbisnis mulai kelas 10.

"Pada saat kelas 11 siswa mendapatkan kesempatan mengelola perusahaan secara profesional, yang mana tahun ini bernama Ajesco (student company SMA IAS Al-Jannah tahun 2023) untuk berkompetisi secara regional, nasional maupun internasional," kata Poppy dalam keterangannya, Jumat (24/3/2023).

Setelah tujuh bulan perjalanan, Ajesco mulai membuat ide penjualan saham, proses bisnis sampai pembuatan company report. Pencapaian pertama yakni lolos dalam kompetisi tingkat regional pada tanggal 11 Februari 2023, dengan 8 SMA lainnya dari seluruh Indonesia dan kembali berkompetisi di panggung COY (Company of The Year) pada tanggal 18 Maret 2023 untuk memperebutkan award di kawasan Asia Pasifik.

"Company of the Year Competition diselenggarakan oleh Prestasi Junior Indonesia, dan Ajesco secara khusus disponsori oleh Marsh Indonesia dalam mengikuti kompetisi ini. Berbagai perusahaan besar juga turut mensponsori setiap student company dalam event ini," katanya.



Sebanyak 10 juri yang merupakan praktisi bisnis terbaik dibidangnya memberikan penilaian untuk 9 perusahaan siswa ini. Ajesco dengan konsep recycled things-nya melayani banyak pembeli yang sangat kagum dengan konsep produk Bizzle, yaitu puzzle anak yang setelah digunakan dapat ditanam karena terdapat benih biji tomat dalam kepingan puzzle nya. Produck Bizzle juga sudah terdaftar Hak Cipta dalam Hak Kekayaan Intelektual.

Di depan 10 juri, Board of Director Ajesco mempresentasikan laporan bisnis nya dengan sangat baik dan percaya diri. Selain penilaian presentasi dihadapan seluruh penonton dan peserta lainnya, Ajesco juga harus melalui panel penjurian private di depan 10 juri untuk menjelaskan seluruh proses bisnis yang telah dijalani.

"Alhamdulillah dengan dukungan penuh sekolah Al-Jannah, orang tua siswa dan sponsor Marsh Indonesia, student company Ajesco dapat membawa pulang trophy dan uang tunai untuk kategori Product of the Year," ucapnya.

Poppy mengatakan, dalam penilaian itu, dewan juri mengakui produk Bizzle mempunyai konsep out of the box. Artinya konsep tersebut berbeda daripada konsep umumnya.

Dengan pencapaian ini, Poppy berharap Ajesco bisa mengembangkan perusahaan nya lebih baik lagi dan bisa menghasilkan produk inovative lainnya. "Semoga SMA IAS Al-Jannah dapat terus melahirkan alumni terbaik, serta menumbuhkan para calon pengusaha kreatif yang akan menjadi leader dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia dan global," pungkasnya.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4032 seconds (0.1#10.140)