Warga KBA Pela Mampang Dapat Pemeriksaan Gratis Deteksi Dini Kanker Payudara

Minggu, 19 Maret 2023 - 04:37 WIB
loading...
Warga KBA Pela Mampang Dapat Pemeriksaan Gratis Deteksi Dini Kanker Payudara
Warga KBA Pela Mampang mengikuti pemeriksaan gratis deteksi dini kanker payudara, Sabtu (18/3/2023). Foto: SINDOnews/Dok
A A A
JAKARTA - Perempuan memiliki risiko tinggi terpapar kanker payudara. Untuk itu, perlu deteksi dini kanker payudara guna mencegah risiko kematian.

Data Global Cancer Statistics (Globocan) pada tahun 2020, jumlah kasus baru kanker payudara mencapai 68.858 kasus (16,6%) dari total 396.914 kasus baru kanker di Indonesia.

Sementara itu, untuk jumlah kematiannya mencapai lebih dari 22.000 jiwa kasus. Angka kematian tersebut dapat dicegah dan ditekan dengan melakukan deteksi dini.

Namun akibat kurangnya akses hingga informasi bagi beberapa warga, sulit untuk mengetahui inti dari permasalahan hingga melakukan deteksi dini.



Oleh karena itu, Asuransi Astra bekerja sama dengan Lovepink memberikan Sosialisasi Deteksi Dini Kanker Payudara dan Pemeriksaan USG Payudara di Kampung Berseri Asuransi Astra (KBA) Pela Mampang, Jakarta Selatan, pada Sabtu, 18 Maret 2023.

Acara ini memiliki dua program yang diinisiasi untuk memberikan edukasi atau sosialisasi tentang kanker payudara, serta fasilitas pemeriksaan USG payudara secara gratis kepada masyarakat.

Pada program pertama, Pink Talk merupakan sosialisasi yang membahas mengenai pentingnya deteksi dini dan deteksi klinis kanker payudara yang juga dilengkapi dengan sesi sharing pengalaman para survivors kanker payudara untuk memberikan dukungan moral dan motivasi bagi perempuan lainnya.

Selanjutnya, skrining, pemeriksaan payudara dengan alat USG yang merupakan rangkaian dari Gerakan 10.000 USG Payudara Gratis yang diberikan oleh Lovepink. Pemeriksaan bisa dilakukan di Pink Van atau di pusat layanan kesehatan lain yang sudah dikoordinasikan oleh Lovepink.


“Pada sesi Pink Talk, para warga tidak hanya kami berikan sebatas teori atau pengetahuan saja namun juga kami berikan langkah-langkah yang benar periksa payudara sendiri (SADARI),” ujar Madelina Mutia selaku Co-Founder Lovepink.

Pemeriksaan payudara ke dokter dianjurkan setidaknya setahun sekali. Namun pemeriksaan dapat dilakukan mandiri secara rutin dengan mengikuti langkah-langkah SADARI yang dianjurkan oleh dokter, setiap sebulan sekali di hari ke-7 sampai ke-10 dihitung dari menstruasi hari pertama atau bagi perempuan yang menopause dan laki-laki dapat memiliih tanggal istimewa setiap bulannya sebelum melakukan pemeriksaan lanjutan (skrining).

“Untuk meningkatkan kesehatan perempuan, kita perlu dengan sigap mengatasi masalah dengan mengetahui penyakitnya sejak dini agar dapat dicegah sebelum lebih membahayakan. Seperti kanker payudara, dengan melakukan deteksi sejak dini berarti semakin cepat sel kanker payudara diketahui, semakin cepat pula pengobatan dapat dilakukan, sehingga peluang kesembuhan semakin besar," jelas Head of PR, Marcomm, and Event Asuransi Astra Laurentius Iwan Pranoto.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2203 seconds (11.252#12.26)