Pohon Tumbang di Cipinang Melayu Jaktim Timpa Jembatan dan Rumah

Jum'at, 24 Februari 2023 - 15:41 WIB
loading...
Pohon Tumbang di Cipinang Melayu Jaktim Timpa Jembatan dan Rumah
Pohon tumbang di dekat Sungai Sunter tepatnya Jalan H Amsir, Cipinang Melayu, Jakarta Timur, Jumat (24/2/2023) menimpa jembatan dan beberapa rumah. Foto: MPI/Martin Ronaldo
A A A
JAKARTA - Pohon tumbang di dekat Sungai Sunter tepatnya Jalan H Amsir, Cipinang Melayu, Jakarta Timur, Jumat (24/2/2023) menimpa jembatan dan beberapa rumah. Rumah yang tertimpa pohon hancur parah.

Berdasarkan data Dinas Penanggulangan Bencana dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Timur, jenis pohon tumbang adalah angsana setinggi 10 meter dan berdiameter 85 cm.

"Penyebabnya erosi tanah karena berada di Sungai Sunter," ujar Kasie Ops Gulkarmat Jakarta Timur Gatot Sulaeman, Jumat (24/2/2023).
Baca juga: Pohon Tumbang di Jagakarsa Timpa Warung

Jembatan yang berada di atas aliran sungai rusak akibat tertimpa pohon. Sebanyak 10 personel pemadam kebakaran dikerahkan untuk mengevakuasi pohon tumbang. Proses evakuasi selesai pukul 10.45 WIB.

Tidak ada korban jiwa dalam bencana tersebut. "Kerugian rumah tertimpa pohon dan korban jiwa nihil," ucapnya.

Di tempat terpisah, ketinggian air di Pintu Air Manggarai, Jalan Tambak, Menteng, Jakarta Pusat, terus naik, Jumat (24/2/2023) siang. Saat ini, Pintu Air Manggarai berstatus Siaga 3 atau Waspada.

Operator Pintu Air Manggarai Adi Permana mengatakan, ketinggian air masih dalam status Siaga 3. Naiknya ketinggian air diakibatkan curah hujan dan adanya kiriman dari Bendung Katulampa, Bogor.

"Situasi Pintu Air Manggarai saat ini masih Siaga 3 dengan ketinggian air 790 cm. Sempat mencapai 810 cm, karena hujan lokal tadi pagi yang durasinya cukup lama dan berbarengan adanya kiriman air," ujarnya.

Jika Pintu Air Manggarai terus mengalami kenaikan, ada beberapa wilayah yang dilewati Kali Ciliwung bakal terdampak, seperti Kampung Melayu, Pengadegan, dan Rawa Jati.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1833 seconds (0.1#10.140)