Ini Penyebab Jalan Baru Underpass Bekasi Timur Banjir 2 Meter

Senin, 20 Februari 2023 - 12:55 WIB
loading...
Ini Penyebab Jalan Baru Underpass Bekasi Timur Banjir 2 Meter
Hujan deras mengguyur Bekasi, Minggu (19/2/2023) mengakibatkan sejumlah wilayah di Kota Bekasi terendam banjir. Salah satunya Jalan Baru Underpass Bekasi Timur. Foto: MPI/Jonathan Simanjuntak
A A A
BEKASI - Pemkot Bekasi menyebutkan penyebab banjir dua meter di Jalan Baru Underpass, Bekasi Timur, Kota Bekasi pada Minggu (19/2) malam disebabkan matinya listrik di kawasan tersebut. Sehingga, mesin untuk memompa air tak bisa digunakan.

Kabid Sumber Daya Air Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (BMSDA) Kota Bekasi Anjar mengatakan wilayahnya diguyur hujan deras sejak sore hari. Kemudian pada malam harinya aliran listrik di kawasan tersebut ikut padam.

”Hujan cukup deras mulai dari jam 16.00-19.00 WIB, kemudian PLN mati listrik sekitar jam 17.00 WIB. Pompa kita kan pakai listrik otomatis ikut mati,” kata Anjar ketika dihubungi, Senin (20/2/2023).



Anjar mengatakan pihaknya tidak mempunyai alat generator bantuan untuk menyalakan listrik. Akhirnya pihaknya harus menunggu melakukan pemompaan hingga listrik benar-benar menyala.

”Makanya sebenarnya kalau pompa kita nyala gak akan banjir, bisa tertangani, kemudian karena air melintas dan pompa mati makanya sampai 2 meter air di sana,” ucapnya.

Pemompaan air baru dimulai sekitar pukul 22.00 WIB dan baru selesai setelah satu jam proses. Adapun Jalan Baru Underpass Bekasi Timur pun sudah bisa dilintasi sejak pukul 23.15 WIB.

”Jadi begitu listrik menyala baru kita pompa (air), pukul 23.15 WIB udah bisa dilintasi,” tuturnya.Kekinian jalur tersebut sudah bisa dilintasi oleh kendaraan. Tidak ada genangan air maupun lumpur yang terlihat di lokasi.

Sebelumnya, Hujan intensitas deras mengguyur kawasan Kota Bekasi pada Minggu (19/2) sore hingga malam hari ini menyebabkan sejumlah wilayah di Kota Bekasi tergenang banjir. Salah satunya di Jalan Baru Underpass, Bekasi Timur yang tergenang air.

Pantauan di lokasi pukul 19.15 WIB genangan air memang sudah terlihat tinggi di sebelum memasuki Underpass tersebut. Bahkan di daerah pinggir-pinggirnya ketinggian air sudah mencapai lutut orang dewasa.

Air tersebut terlihat semakin meninggi jika menuju ke tengah Jalan Baru Underpass tersebut. Akibat tingginya genangan air, warga sekitar harus menutup Jalan yang menghubungkan Simpang Rumah Sakit Bella Bekasi hingga Duren Jaya, Bekasi Timur itu.

Kendaraan dari arah Stasiun Bekasi ditutup sejak traffic light (TL) Gedung Creative Centre. Tono (43) warga sekitar mengatakan hujan terjadi sejak sore hari tepatnya pukul 16.00 WIB. Bahkan menurutnya ketinggian aie menutupi seluruh badan orang dewasa.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2102 seconds (0.1#10.140)