Tingkatkan Perekonomian Warga, Pemkab Kepulauan Seribu Kembangkan Rumput Laut di Pulau Pari

Senin, 20 Februari 2023 - 12:18 WIB
loading...
Tingkatkan Perekonomian Warga, Pemkab Kepulauan Seribu Kembangkan Rumput Laut di Pulau Pari
Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (Sudin KPKP) Kepulauan Seribu budidayakan rumput laut di Pulau Pari. Foto: MPI/Yohannes Tobing
A A A
JAKARTA - Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian ( Sudin KPKP ) Kepulauan Seribu , Jakarta Utara, budidayakan rumput laut di Pulau Pari. Dalam pengembangan dan budidaya rumput laut tersebut pemerintah juga melibatkan masyarakat setempat.

Kepala Sudin KPKP Kepulauan Seribu Elis Rora berharap, ekonomi masyarakat sekitar dapat meningkat. Sebab potensi rumput laut di Kepulauan Seribu sangat besar, sehingga dapat meningkatan ekonomi yang lebih stabil bagi masyarakat.

"Budidaya rumput laut sempat vakum beberapa tahun lalu, kini kami geliatkan kembali untuk meningkatkan perekonomian petani laut," kata Elis saat dikonfirmasi pada Senin (20/2/2023).



Elis menuturkan pemilihan Pulau Pari sebagai tempat budidaya rumput laut karena secara teknis memenuhi persyaratan yang dibutuhkan untuk perkembangan rumput laut.

“Penanaman bibit rumput laut ini telah dilakukan di tiga titik sekitar Pulau Pari, dengan jenis bibit Eucheuma cottonii sebanyak 150 kg. Nantinya budidaya ini akan dikembangkan di pulau-pulau lain yang memiliki potensi budidaya rumput laut," tuturnya.

Sedangkan, Seaweed Expert dari Talenta Mutiara Nusantara Foundation, Hisworo Ramdani menjelaskan, budidaya ini bertujuan untuk menyediakan bibit rumput laut yang berkualitas dan berkelanjutan.

Dengan demikian, nantinya bibit rumput laut itu akan bermanfaat bagi pembudidaya rumput laut di Pulau Pari dan pulau lainnya di Kepulauan Seribu.

“Kegiatan ini juga untuk mendapatkan data musim tanam yang produktif dan pola tanam yang tepat dari kebun rumput laut. Kami berharap terciptanya suatu kegiatan masyarakat, khususnya wanita nelayan, yaitu menjadi pembudidaya rumput laut sebagai salah satu sumber penghasilan keluarga,” pungkasnya.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3092 seconds (0.1#10.140)