Pembudidaya Rumput Laut di Pulau Seribu Terima 12 Ton Bibit

Minggu, 05 Februari 2023 - 09:42 WIB
loading...
Pembudidaya Rumput Laut di Pulau Seribu Terima 12 Ton Bibit
Kelompok Pembudidaya Rumput Laut Pulau Panggang, Kabupaten Kepulauan Seribu mendapat bantuan bibit rumput laut jenis spinosum. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Kelompok Pembudidaya Rumput Laut Pulau Panggang, Kabupaten Kepulauan Seribu mendapat bantuan bibit rumput laut jenis spinosum dari Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu.

Kasudin KPKP Kepulauan Seribu, Devi Lidya mengatakan, bantuan 12 ton bibit rumputlautdibagimenjadi dua tahap, tahap pertama sebanyak 7 ton bibit rumput laut sudah dilakukan dan kedua diberikan sebanyak 3 ton jenis Spinosum dan 2 ton jenis Cottoni.

”Bibit rumput laut ini akan dibagikan kepada 5 kelompok pembudidaya, yaitu Kelompok Ijo Lumut, Ager Jepun, Cottoni Selatan, Berdikari dan Bunga Sp. Setiapkelompok pada tahap pertama mendapatkan 1.400 kg jenis Spinosum,” kata Devi, Minggu (5/2/2023).



Menurut Devi, nantinya rumput laut yang telah diterima pada pembudidaya akan langsung diproses pembibitannya, kemudian ditanam di wilayah perairan Karang Lebar. Dalam hal ini, pihaknya akan melakukan pendampingan.

”Tentunya kami akan melakukan pendampingan kepada pembudidaya secara teknis, sehingga pembudidaya dapat menghasilkan panen yang produksinya meningkat,” tuturnya.

Salah satu pembudidaya rumput laut di pulau panggang, Yusuf mengatakan, pihaknya merasa sangat senang, karena mendapatkan bantuan bibit rumput laut ini untuk pemberdayaan sekaligus kesejahteraan masyarakat.

”Semoga dengan diberikannya bantuan ini, dapat meningkat produksi rumput laut yang sempat menurun pada tahun 2022, selain itu juga meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan pembudidaya rumput laut yang ada di Pulau Panggang,” tandasnya.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1363 seconds (0.1#10.140)