Bukan Hanya Stasiun, Ini Perbedaan Depok Lama dan Depok Baru

Minggu, 19 Februari 2023 - 14:58 WIB
loading...
Bukan Hanya Stasiun, Ini Perbedaan Depok Lama dan Depok Baru
Ternyata perbedaan Depok Lama dan Depok Baru tidak hanya sekadar nama stasiun. Masih banyak perbedaan lainnya. Foto: Dok SINDOnews
A A A
DEPOK - Ternyata perbedaan Depok Lama dan Depok Baru tidak hanya sekadar nama stasiun. Banyak perbedaan antara Depok Lama dan Depok Baru yang memiliki historis tersendiri.

Kota Depok yang masuk wilayah di Jawa Barat memiliki luas wilayah 200,29 kilometer persegi. Berdasarkan posisi geografisnya, Depok berbatasan dengan DKI Jakarta di sebelah utara, Kabupaten Bogor di sebelah selatan, Kota Tangerang Selatan di sebelah barat, dan di sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Bogor.
Baca juga: Ini Perbedaan Kelapa Gading dan Gading Serpong, Sudah Tahu Belum?

Mengutip laporan BPS bertajuk “Kota Depok dalam Angka 2022”, Depok mempunyai 11 kecamatan yaitu Sawangan, Bojongsari, Pancoran Mas, Cipayung, Sukmajaya, Cilodong, Cimanggis, Tapos, Beji, Limo, dan Cinere.

Nah, mengenai Depok Lama dan Depok Baru, berikut perbedaan dua kawasan tersebut sebagaimana dihimpun Litbang MPI, Minggu (19/2/2023):

1. Depok Lama

Depok Lama pada dasarnya merujuk pada sebuah wilayah yang dahulu menjadi pusat pemerintahan Depok. Menurut catatan sejarah, pada abad ke-17 Depok merupakan wilayah milik pejabat tinggi VOC, Cornelis Chastelein.

Selanjutnya, status Depok menjadi tanah partikelir hingga 1949 ketika pemerintah menghapuskan tanah partikelir. Wilayah ini kemudian menjadi milik negara dan termasuk dalam bagian Kawedanaan Parung, Kabupaten Buitenzorg (kini Bogor).

Mengutip artikel berjudul “Dari Depok Lama Ke Depok Baru: Berjuang Menjadi Kota, 1970-an hingga 1990-an” oleh Tri Wahyuning Mudaryanti, Kawedanaan Parung terbagi atas Kecamatan Parung dan Kecamatan Depok.

Pusat kota Kecamatan Depok berada di Pancoran Mas. Wilayah inilah yang diidentikkan sebagai kota Depok Lama. Bukan hanya menjadi pusat kegiatan dan pemerintahan, kawasan Depok Lama ini juga merupakan hunian Belanda Depok.

Belanda Depok merujuk pada pribumi yang tinggal di tanah partikelir Depok berasal dari beragam etnis dan merupakan keturunan dari budak yang dibeli Cornelis Chastelein.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1512 seconds (0.1#10.140)