Biar Tidak Bingung, Ini Perbedaan Kebayoran Baru dan Kebayoran Lama

Jum'at, 17 Februari 2023 - 06:03 WIB
loading...
Biar Tidak Bingung, Ini Perbedaan Kebayoran Baru dan Kebayoran Lama
Skywalk yang menghubungkan halte Transjakarta dan stasiun KRL Commuter Line ini berada di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Foto: Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Biar tidak bingung, ini perbedaan Kebayoran Baru dan Kebayoran Lama yang patut disimak. Dua wilayah ini sama-sama merupakan nama kecamatan di Jakarta Selatan .

Meski keduanya berada di Jakarta Selatan, namun dua wilayah itu mempunyai perbedaan. Berikut perbedaan Kebayoran Baru dan Kebayoran Lama yang dihimpun Litbang MPI:
Baca juga: Sudah Tahu Perbedaan Serpong dengan Gading Serpong? Berikut Penjelasannya

1. Kebayoran Baru

Kebayoran Baru merupakan kecamatan di Jakarta Selatan. Kebayoran Baru perluasan dari Kebayoran Lama. Melansir data BPS bertajuk Kecamatan Kebayoran Baru Dalam Angka 2021, Kebayoran Baru memiliki luas 12,19 kilometer persegi. Kebayoran Baru terdiri dari 10 kelurahan, 73 RW, dan 656 RT.

Batas wilayah Kebayoran Baru yakni sebelah timur berbatasan dengan Kecamatan Mampang Prapatan dan Kali Krukut. Di sebelah barat berbatasan dengan Kali Grogol. Di sebelah utara Kebayoran Baru berbatasan dengan Jalan Hang Lekir Raya, Hang Lekir Terusan I, hingga Kali Grogol. Di sebelah selatan berbatasan dengan Jalan Haji Nawi, Jalan Margaguna, Kelurahan Gandaria Selatan, Kecamatan Cilandak, Jalan H Abdul Madjid, hingga pertemuan Kali Krukut.

Sebagian besar kawasan Kebayoran Baru merupakan daerah permukiman. Tak hanya menjadi kawasan permukiman, Kebayoran Baru dihuni banyak pertokoan seperti Blok M dan terdapat juga Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI). Wilayah Kebayoran Baru sebagai kota satelit dirancang oleh H Mohammad Soesilo pada 1948.

2. Kebayoran Lama

Kebayoran Lama mempunyai luas wilayah 19,31 kilometer persegi. Kebayoran Lama memiliki 6 kelurahan, 77 RW, serta 854 RT.

Batas wilayah Kebayoran Lama yaitu sebelah timur berbatasan dengan Tanah Abang, Jakarta Pusat. Di bagian barat berbatasan dengan Kecamatan Pesanggrahan dan Kecamatan Cilandak. Sebelah utara berbatasan dengan Kecamatan Grogol Petamburan dan Tanah Abang. Di sebelah selatan berbatasan dengan Kecamatan Cilandak.

Di Kebayoran Lama juga terdapat sejumlah mal/pusat perbelanjaan mulai dari ITC Permata Hijau hingga Pondok Indah Mall (PIM). Selain itu, Kebayoran Lama juga dikepung beberapa apartemen hingga kondominium mewah.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3275 seconds (0.1#10.140)