Kumpulkan Ketua RW se-Jakarta Utara, Heru: Kita Harus Bekerja Sama Ciptakan Keamanan

Sabtu, 11 Februari 2023 - 22:23 WIB
loading...
Kumpulkan Ketua RW se-Jakarta Utara, Heru: Kita Harus Bekerja Sama Ciptakan Keamanan
Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono saat memberikan sambutan dalam acara Guyub RW se-Jakarta Utara di Ecovention Hall, Ancol. Foto: Dok Pemprov DKI
A A A
JAKARTA - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono memerintahkan Rukun Warga ( RW ) se-Jakarta Utara untuk menciptakan keamanan, kebersihan, dan ketertiban di tengah masyarakat. Guyub RW turut dihadiri Kapolda Metro Jaya Irjen M Fadil Imran dan Pangdam Jaya Mayjen TNI Untung Budiharto yang digelar di Ecovention Hall, Ancol, Jakarta Utara.

"Apresiasi saya sampaikan kepada 449 Ketua RW, 31 Babinsa, dan 31 Bhabinkamtibmas se-Jakarta Utara. Karena sudah bekerja sama dalam menjaga dan merawat Jakarta,” kata Heru di lokasi, Sabtu (11/2/2023).

Dia juga mengapresiasi para RW di Jakarta Utara yang sudah membantu program Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Utara. “Seperti penanggulangan rob yang terdampak kepada warga. Terkait urusan keamanan, saya titip wilayah kepada RW, lurah, dan camat, tentunya bersama TNI-Polri, kita harus kerja sama dalam mewujudkan hal itu," seru Heru.

Selain itu, Heru mengingatkan kepada peserta yang menghadiri kegiatan tersebut, RW adalah bagian dari perangkat pemerintahan daerah. Mereka juga ikut dalam melaksanakan program keamanan dari kepolisian dan TNI dan saling bersinergi satu sama lain dalam berbagai kegiatan apa pun.



"Kita harus bisa menjaga lingkungan di tingkat RT/RW. Kami minta kepada Ketua RT/RW untuk terus memantau warga di lingkungan dengan terus memahami dan mengayomi mereka. Kami juga mohon kepada para Ketua RW untuk bisa menyosialisasikan berbagai program pemerintah kepada masyarakat. Sehingga timbul unsur timbal balik," ucapnya.

"Di samping itu, kami terus fokus memperhatikan warga yang kesejahteraannya butuh pertolongan, di mana pemerintah sudah banyak memberikan subsidi. Nah, ini kembali ke kita di lingkungan RT/RW, yang juga harus menjaga keamanan dan ketertiban, sehingga warga merasakan ketenteraman," imbuhnya.

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran menilai, peran RW ini penting karena mengurus administrasi paling dasar.Bahkan, urusan pencegahan serta penindakan hukum pihak kepolisian juga membutuhkan peran RW.

"Apalagi jika pihak RW bisa mengayomi warganya, khususnya sejak remaja, sehingga bisa mencegah bibit-bibit kriminalitas di lingkungan masing-masing. Maka gangguan kamtibmas mampu terselesaikan dengan efektif," ujar Fadil.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2667 seconds (0.1#10.140)