8 Wilayah di Jaktim Gunakan Nama Tanaman, Nomor 6 Ada Pasar Legendaris

Rabu, 01 Februari 2023 - 08:35 WIB
loading...
A A A
Pohon durian banyak tumbuh di halam rumah penduduk. Sedangkan, pohon kelapa sawit ditanam di kebun-kebun yang luas dan kebanyakan milik para tuan tanah asal Belanda.

4. Pondok Kopi

Pondok Kopi merupakan sebuah kawasan di wilayah Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur. Menurut sejarah, banyak tumbuh pohon kopi sebagai rempah-rempah utama di kawasan ini.

Namun ada juga yang mengatakan, kawasan tersebut dulunya banyak pondok dan digunakan oleh para kompeni Belanda untuk singgah. Para penduduk pribumi dan Belanda dari beberapa daerah yang bermukim di Batavia selalu singgah untuk minum kopi di pondok-pondok tersebut.

5. Pondok Kelapa

Pondok Kelapa merupakan sebuah kelurahan yang terletak di Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur. Dulunya, nama Pondok Kelapa sendiri berasal dari pondok-pondok yang terbuat dari batang serta daun pohon kelapa di kawasan tersebut.
Pondok tersebut masih dalam bentuk perkampungan yang belum banyak rumah penduduk dan gedung.

6. Kramat Jati

Saat ini, Kramat Jati merupakan salah satu kecamatan yang berada di Jakarta Timur. Kawasan Kramat Jati terkenal dengan pasar legendarisnya, yaitu Pasar Induk Kramat Jati yang sudah didirikan sejak 1973.

Nama Kramat Jati sendiri diambil karena dulunya banyak pohon jati dan pohon-pohon besar yang tumbuh di kawasan tersebut.

Penduduk setempat mengeramatkan pohon jati tersebut karena dianggap memiliki kekuatan magis. Banyak dari mereka yang berdatangan dan melakukan ritual untuk mengabulkan keinginannya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1701 seconds (0.1#10.140)