8 Wilayah di Jaktim Gunakan Nama Tanaman, Nomor 6 Ada Pasar Legendaris

Rabu, 01 Februari 2023 - 08:35 WIB
loading...
8 Wilayah di Jaktim Gunakan Nama Tanaman, Nomor 6 Ada Pasar Legendaris
Potret lawas salah satu pasar legendaris di Kramat Jati, Jakarta Timur. Foto/Dok Sejarajakarta.com
A A A
JAKARTA - Nama-nama wilayah di Jakarta memiliki nama tempat yang unik-unik. Selain nama pahlawan, nama tumbuhan juga banyak tersebar untuk dijadikan nama di sejumlah daerah Jakarta. Salah satunya di Jakarta Timur.

Penamaan tanaman sebagai nama jalan biasanya karena banyak ditemukan tumbuhan yang hidup di wilayah tersebut. Berikut nama-nama daerah di Jakarta Timur yang memakai nama tumbuhan:

1. Kampung Rambutan

Kampung Rambutan merupakan salah satu kelurahan yang berada di Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur. Menurut sejarah, nama Kampung Rambutan berasal dari nama pohon buah rambutan yang banyak tumbuh di daerah tersebut pada awal abad ke-19.

Dulu, pohon rambutan banyak tumbuh di kebun-kebun dan halaman perkampungan penduduk yang kebanyakan orang Betawi asli.

2. Kebon Pala

Kebon Pala merupakan sebuah kelurahan di Kecamatan Makasar, Jakarta Timur. Menurut sejarah, dulunya kawasan tersebut memang banyak tumbuh pohon pala. Pohon pala tersebut ditanam dan dibudidayakan di kebun-kebun milik penduduk setempat.

Pada zaman pemerintahan kolonial Belanda, pohon pala merupakan merupakan salah satu rempah-rempah utama yang terdapat di Indonesia.

3. Duren Sawit

Wilayah Duren Sawit merupakan sebuah kecamatan yang berada di Jakarta Timur. Nama Duren Sawit sendiri berasal dari pohon durian dan pohon kelapa sawit. Pada zaman kolonial Belanda, kawasan Duren Sawit merupakan perkebunan yang banyak pohon durian dan kelapa sawitnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3272 seconds (0.1#10.140)