Polisi Telusuri Aset Trio Tersangka Pembunuhan Berantai Bekasi-Cianjur

Rabu, 25 Januari 2023 - 21:51 WIB
loading...
Polisi Telusuri Aset Trio Tersangka Pembunuhan Berantai Bekasi-Cianjur
Trio tersangka pembunuhan berantai Bekasi-Cianjur yakni Wowon Erawan alias Aki (kiri), Solihin alias Duloh (tengah), dan M Dede Solehudin (kanan). Foto: Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Polisi menelusuri aset trio tersangka pembunuhan berantai atau serial killer Bekasi-Cianjur. Hal itu karena para tersangka menguras harta para korban yang bekerja sebagai Tenaga Kerja Wanita (TKW).

Tiga tersangka yakni Wowon Erawan alias Aki, Solihin alias Duloh, dan M Dede Solehudin. Polisi telah menyita buku rekening mereka untuk dilakukan pendalaman.

"Kita dapatkan alat bukti buku rekening pelaku. Tentu adanya catatan buku rekening ini akan terlihat nantinya," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko, Rabu (25/1/2023).
Baca juga: Wowon Tersangka Pembunuhan Berantai Klaim Rumah dan Mobil Orang untuk Tipu TKW

Penyidik bakal melacak setiap transaksi yang dilakukan tersangka melalui buku rekening. Dari transaksi tersebut, penyidik akan mengambil untuk mencari para korban.

Penyidik juga bisa mengetahui dana keluar masuknya. Kemudian, dapat menentukan faktor atau motif ekonomi para tersangka dan sejak kapan penipuan dimulai.

"Berapa banyak korbannya tentu akan ada atas nama rekening yang masuk ke rekening pelaku sehingga terjadi penjumlahan kumulatif dari nilai. Nanti kita lihat hasil kumulatif, kita lihat tracing asetnya," ujar Trunoyudo.


Direskrimum Polda Metro Jaya Kombes Pol Hengki Haryadi mengatakan, dalam kasus ini ada dua peristiwa yakni pembunuhan dan penipuan. Dalam kasus penipuan tercatat 11 TKW menjadi korban.

Para korban mengirimkan sejumlah uang kepada tersangka Dede kemudian dibagi dan digunakan oleh tersangka lainnya. Korban mengirim menggunakan dua cara yakni melalui transfer rekening dan western union.

Untuk kasus pembunuhan berantai, tiga tersangka telah menghabisi 9 orang yang rata-rata masih punya hubungan keluarga. Sembilan korban tewas yakni Siti, Farida, Noneng, Wiwin, Halimah, Ai Maemunah, Bayu, Ridwan Abdul Muiz, serta Riswandi.
(jon)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2051 seconds (10.55#12.26)