Wowon Tersangka Pembunuhan Berantai Klaim Rumah dan Mobil Orang untuk Tipu TKW

Selasa, 24 Januari 2023 - 21:13 WIB
loading...
Wowon Tersangka Pembunuhan Berantai Klaim Rumah dan Mobil Orang untuk Tipu TKW
Rumah kontrakan di Bantargebang, Kota Bekasi jadi saksi bisu korban pembunuhan berantai. Pelakunya yakni Wowon Erawan alias Aki, Solihin alias Duloh, dan Dede Solehudin. Foto: MPI/Jonathan Simanjuntak
A A A
JAKARTA - Tersangka kasus serial killer atau pembunuhan berantai Wowon Erawan alias Aki mengklaim rumah dan mobil orang untuk menipu Tenaga Kerja Wanita (TKW). Dengan begitu, korban yakin lalu menyerahkan uangnya untuk digandakan.

Direskrimum Polda Metro Jaya Kombes Pol Hengki Haryadi menuturkan berdasarkan keterangan saksi, ada salah satu TKW yang mendatangi Wowon lalu dia menunjukkan rumah dan mobilnya sebagai bukti untuk meyakinkan korban.

"Setelah ditelusuri mobil dan rumah itu milik orang lain. Meyakinkan supaya korban tetap mengirimkan uang," kata Hengki di Polda Metro Jaya, Selasa (24/1/2023).
Baca juga: Sadis! Wowon Tersangka Pembunuhan Berantai Punya 6 Istri, 3 Dibunuh

Para korban penipuan awalnya bertemu Wowon. Setelah itu, Wowon seolah-olah bisa menggandakan uang yang ada di amplop. "Misalnya seribu tiba-tiba dibuat sedemikian rupa isinya menjadi sepuluh ribu," ujarnya.

Wowon Cs juga melakukan penipuan dengan modus operandi menggunakan sistem multi level marketing (MLM). Melalui MLM, Wowon menguras kekayaan para korban.

"Sistemnya seperti MLM. Mereka ada downline, dari Siti misal mengajak temannya lagi untuk menggandakan uangnya," kata Hengki.

Tercatat 11 TKW menjadi korban. Mereka mengirimkan sejumlah uang kepada tersangka Dede Solehudin lalu dibagi bertiga. Korban mengirim melalui dua cara yakni transfer rekening dan western union.

Penyidik mendata para korban yang mengirim uang melalui transfer rekening dan western union. Hasilnya masih ada TKW yang berada di luar negeri dan TKW yang telah kembali ke Indonesia.


"Beberapa orang sudah kembali ke Indonesia dan dalam perjalanan ke Polda Metro Jaya untuk kita ambil keterangan. Ada tiga orang, sisanya sedang kami cari," kata Hengki.

Korban TKW yang belum dapat dihubungi, penyidik akan menelusuri dengan mencari keluarga TKW di Indonesia. "Kami hubungi keluarganya untuk mencari keberadaan korban penipuan," ujarnya.

Tiga tersangka pembunuhan berantai yakni Wowon Erawan alias Aki, Solihin alias Duloh, dan M Dede Solehudin menghabisi 9 orang yang rata-rata masih punya hubungan keluarga. Sembilan korban tewas yakni Siti, Farida, Noneng, Wiwin, Halimah, Ai Maemunah, Bayu, Ridwan Abdul Muiz, serta Riswandi.
(jon)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1912 seconds (11.252#12.26)