8 Senjata Api Organik Polri, Nomor 6 Mampu Menembak Sejauh 1.500 Meter

Minggu, 18 Desember 2022 - 19:08 WIB
Revolver adalah senjata api genggam yang dapat ditembakkan terus-menerus. Dia memiliki silinder yang dapat berputar untuk mengisi peluru, karena mekanisnya berhubungan dengan penarik (double action) atau picu (single action). Umumnya revolver yang digunakan polisi Indonesia menampung 5-7 butir peluru.

Pistol adalah senjata api genggam yang menggunakan magasin dalam proses pengisian peluru. Magasin merupakan tabung berisi peluru yang dapat dipasang di pistol, senapan, dan sebagainya.

2. Senjata Api Pistol Mitraliur

Pistol mitraliur atau submachine gun (SMG) adalah senjata api yang menggabungkan kemampuan menembak otomatis senapan mesin dengan amunisi pistol. Karena menggunakan amunisi pistol berkaliber 9 mm, SMG efektif melumpuhkan musuh tanpa melukai orang lain.

Cocok digunakan dalam pertempuran jarak dekat yang melibatkan sandera. Senjata ini kerap digunakan anggota TNI untuk menunjang keberhasilan misi anggotanya.

3. Senjata Api Serbu

Senapan serbu didefinisikan sebagai senjata laras panjang otomatis menggunakan peluru jarak menengah dan tempat peluru yang dapat dilepas. Senjata api otomatis ini juga merupakan senapan laras panjang atau karabin yang memiliki pilihan tembakan (selective-fire) dan menggunakan amunisi kaliber menengah.

Senapan serbu sudah menjadi persenjataan standar untuk tentara modern menggantikan senapan laras panjang era Perang Dunia II seperti M1 Garand dan SKS.

4. Senjata Api Mesin Ringan, Sedang, dan Berat

Senjata api mesin adalah senjata api tertanam atau genggam yang dapat menembak sepenuhnya secara otomatis. Senapan mesin biasanya menembakkan peluru senapan yang dimuat dari sabuk atau bendera amunisi berkapasitas tinggi.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More