Proyek LRT Jakarta Fase 2, Heru Budi: Bisa Dilanjutkan Gubernur Berikutnya

Jum'at, 28 Oktober 2022 - 20:45 WIB
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono memastikan tidak melanjutkan pembangunan Light Rapid Transit (LRT) Fase 2 selama masa jabatannya. Foto: Ilustrasi/SINDOnews/Dok
JAKARTA - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono memastikan tidak melanjutkan pembangunan Light Rapid Transit (LRT) Jakarta Fase 2 selama masa jabatannya. LRT Fase 2 dirancang untuk menyambungkan Pegangsaan Dua menuju Jakarta International Stadium JIS.

"Belum (ada pembangunan rute LRT Fase 2 pada 2023)," kata Heru kepada wartawan, Jumat (28/10/2022).



Heru mengatakan, pembangunan LRT Fase 2 bisa dilanjutkan penerusnya kelak, yakni gubernur periode 2024-2029. "Kan bisa juga dilanjutkan oleh periode gubernur berikutnya, periode 2024," ucap Heru.

Heru menegaskan, sebagai orang nomor 1 di DKI saat ini tengah fokus penanganan banjir, macet, dan tata kota. Hal itu sejalan dengan instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi). "Termasuk juga menjaga situasi ekonomi," tuturnya.



Pemprov DKI sebelumnya mengajukan anggaran Rp4,5 triliun untuk untuk kelanjutan program PT Mass Rapid Transit (MRT) dalam Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) APBD 2023. Namun, dalam KUA-PPAS Pemprov DKI tak mengajukan kelanjutan pembangunan LRT.



Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 Anies Baswedan menitip pesan ke penerusnya untuk menyambungkan JIS, Jakarta Utara, dengan moda transportasi umum, yakni LRT Jakarta dan KRL Commuter Line.

Hal itu dituangkan Anies dalam Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 25 Tahun 2022 tentang Rencana Pembangunan Daerah (RPD) DKI Jakarta tahun 2023-2026, yang ditandatangani pada 10 Juni 2022.

Anies pun meminta penerusnya untuk terus melanjutkan pembangunan LRT Fase 2A sepanjang 8 kilometer yang akan tersambung dari Kelapa Gading ke JIS.
(thm)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More