Melalui Pergub, Anies Minta Gubernur DKI Selanjutnya Sambungkan JIS dengan LRT dan KRL

Rabu, 21 September 2022 - 11:55 WIB
loading...
Melalui Pergub, Anies Minta Gubernur DKI Selanjutnya Sambungkan JIS dengan LRT dan KRL
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan baground Jakarta International Stadium (JIS), Papanggo, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Foto: Tangkapan layar
A A A
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menitip pesan kepada penerusnya untuk menyambungkan Jakarta International Stadium ( JIS ) dengan moda transportasi umum LRT Jakarta dan KRL Commuter Line .Hal itu dituangkan Anies dalam Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 25 Tahun 2022 tentang Rencana Pembangunan Daerah (RPD) Provinsi DKI Jakarta tahun 2023-2026 yang ditandatangani pada 10 Juni 2022.

Anies pun meminta penerusnya untuk melanjutkan pembangunan LRT Fase 2A sepanjang delapan kilometer yang akan tersambung dari Kelapa Gading ke JIS di Jakarta Utara. Baca juga: Jakarta International Stadium Akan Terintegrasi Tranportasi Publik

"Akses dari dan menuju kawasan juga akan terintegrasi dengan moda transportasi publik seperti BRT. BRT dan LRT yang terhubung dengan akses pejalan kaki yang memadai. Selain itu juga didorong melalui pengembangan aksesibilitas stasiun KRL JIS yang merupakan kewenangan Pemerintah Pusat," tulis Anies dalam Pergub tersebut yang dikutip MNC Portal Indonesia, Rabu (21/9/2022).

Anies bakal lengser dari jabatan Gubernur DKI Jakarta pada 16 Oktober 2022. Dia mengatakan, ketersediaan transportasi umum dari dan menuju JIS sangat penting untuk mengoptimalkan stadion bertaraf internasional itu. Ia menambahkan seni budaya, ekonomi, hingga keagamaan berskala lokal, nasional, dan internasional dapat tersaji di JIS.



"Harapannya, stadion tidak hanya mampu berkelanjutan secara finansial tetapi juga mampu berkelanjutan memutar perekonomian kawasan, kota, dan bahkan nasional," tuturnya.

Sebagai informasi, JIS di Utara Jakarta itu di desain minim kantong parkir dan mendorong penonton agar menggunakan transportasi umum. Stadion berstandar FIFA dengan kapasitas 80.000 penonton itu hanya dapat menampung 800 unit kendaraan roda empat.

Hal itu sempat diperdebatkan organisasi induk sepakbola yakni PSSI yang batal menggunakan JIS sebagai venue pertandingan FIFA Matchday Timnas Indonesia melawan Curacao. Baca juga: Jakpro Tegaskan JIS Stadion Kelas Dunia dengan Standar FIFA
(mhd)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1447 seconds (10.55#12.26)