Jakpro Tegaskan JIS Stadion Kelas Dunia dengan Standar FIFA

Sabtu, 10 September 2022 - 12:12 WIB
loading...
Jakpro Tegaskan JIS Stadion Kelas Dunia dengan Standar FIFA
PT Jakpro memastikan Jakarta International Stadium (JIS) merupakan stadion kelas dunia berstandar FIFA. Foto/SINDOnews/Dok
A A A
JAKARTA - PT Jakarta Propertindo (Jakpro) telah menyelesaikan pembangunan Jakarta International Stadium (JIS). PT Jakpro memastikan JIS merupakan stadion kelas dunia berstandar FIFA (Federation Internationale de Football Association).

Plt Direktur Proyek JIS, Arry Wibowo mengatkan, JIS dirancang oleh Buro Happold, seorang konsultan perencana dari Inggris yang berpengalaman merancang stadion-stadion sepak bola modern di Liga Inggris, seperti Tottenham Hotspurs Stadium di London, serta perancangan beberapa stadion di Piala Dunia Qatar 2022.

“JIS merupakan salah satu stadion yang mirip dengan stadion di Eropa baik secara desain maupun fasiitas. Selain itu. Jakpro juga didampingi langsung oleh Assessor FIFA pada saat perencanaan dan desain JIS dilakukan," kata Arry Wibowo dalam keterangannya, dikutip Sabtu (10/9/2022).

JIS, menurut Arry. sudah memenuhi kriteria rekomendasi teknis dan persyaratan stadion sepakbola standar FIFA. Pertama mulai dari tahap pra-konstruksi atau tahap perencanaan termasuk penentuan lokasi stadion yang strategis dan mudah untuk dijangkau publik.

"Selanjutnya, unsur safety dan security seperti struktur bangunan, sistem pencegahan kebakaran, dan sistem pengamanan, tersedianya control room. ruang medis pemain dan publik," ujarnya.

Ketiga, orientasi dan parkir, JIS memiliki area parkir di dalam maupun luar stadion area parkir kendaraan maupun bus, serta area parkir khusus VIP/VVIP yang terpisah dari area publik.

Selanjutnya, playing area meliputi ukuran lapangan, pemilihan jenis rumput alami/sintetis, sistem drainasenya, dan penempatan bangku pemain. Baca: Aneh, JIS Tak Layak Gelar Timnas Indonesia vs Curacao saat FIFA Matchday

"JIS juga dilengkapi LED perimeter/ advertising board, aksesibitas lapangan dalam kondisi darurat. signage area, penanda akses, penanda jalur evakuasi yang tersebar di seluruh area stadion, serta penanda kondisi darurat," jelasnya.

Arry menuturkan, untuk layer dan match official seperti ruang ganti pemain yang dilengkapi dengan toilet dan shower area. JIS memiliki empat buah ruang ganti pemain yang memiliki jalur akses khusus keluar/masuk pemain, ruang pelatih, ruang massage, 2 buah ruang pemanasan indoor (warming up room), ruang control doping, ruang ball girl/ball boy.

Di sisi lain, JIS juga telah sesuai standar FIFA untuk pemenuhan fasilitas penonton mulai dari standar kenyamanan penonton yang sangat diperhatikan. JIS juga menyediakan fasilitas untuk disabiitas seperti jalur akses, area penonton, parkir, lift dan toilet khusus difabel.

Selain itu, sistem tiketing dan akses elektronik tersedia di setiap gerbang untuk menunjang digitalisasi sistem ticketing. "Hospitality seperti fasitas untuk tamu-tamu penimg baik VIP maupun VVIP seperti corporate box, royal lounge, meeting room, dan akses lobby dan drop off khusus VIP/VVIP," ujarnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1248 seconds (0.1#10.140)