Deretan Kapolda Metro Jaya yang Jago Memberantas Terorisme

Kamis, 13 Oktober 2022 - 11:00 WIB
Kiprah Tito Karnavian dalam menangani terorisme dimulai ketika ditugaskan di Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror pada 2004. Tito Karnavian bersama Densus 88 berhasil mengungkap jaringan gembong teroris di Indonesia.

Tito Karnavian berhasil melumpuhkan teroris dr Azhari dan kelompoknya di Batu, Malang, Jawa Timur, pada 9 November 2005. Dr Azhari ini merupakan teroris dalang Bom Bali.

Tak hanya itu, Tito Karnavian juga berhasil menangkap DPO kasus konflik Poso pada 2007. Dua tahun kemudian Tito berhasil membengkuk pimpinan teroris Noordin M Top pada tahun 2009.

Tito Karnavian memimpin tim khusus membongkar jaringan teroris pimpinan Noordin M Top. Atas pencapaiannya ini, dia mendapat kenaikan pangkat menjadi Brigadir Jenderal Polisi dan Kepala Densus 88 Antiteror Mabes Polri.

Setelah kesuksesannya membongkar gembong teroris, Tito Karnavian dipercaya menjadi Kapolda Papua pada 3 September 2012. Dua tahun kemudian Tito Karnavian ditunjuk sebagai Kapolda Metro Jaya menggantikan Irjen Pol Unggung Cahyono yang dimutasi ke Asisten Operasi Kapolri.



Menjabat Kapolda Metro Jaya, salah satu kasus terorisme terbesar yang pernah ditangani Tito adalah Bom Sarinah Thamrin pada 2016. Berkat pengalamannya dalam bidang terorisme, situasi dapat dikendalikan dalam waktu kurang dari 5 jam.

Atas kesuksesanya menangani aksi terorise, Tito Karnavian dipromosikan menjadi Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menggantikan Komjen (Pol) Usman Saud Nasution yang memasuki masa pensiun pada Maret 2016. Pangkatnya pun naik dari Irjen menjai Komisaris Jenderal Polisi (Komjen).

Hanya 3 bulan menjabat Kepala BNPT, pada 15 Juni 2016 Presiden Joko Widodo mengirim surat ke DPR perihal penunjukan Tito Karnavian sebagai calon tunggal Kapolri menggantikan Badrodin Haiti . Tito Karnavian kemudian dilantik menjadi Kapolri pada 13 Juli 2016.

2. Idham Azis
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More