8 Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi di Jakarta

Minggu, 05 Juli 2020 - 08:00 WIB
Kota Tua juga dikenal dengan sebutan Batavia Lama (Old Batavia), adalah wilayah kecil di Jakarta yang memiliki luas 1,3 kilometer persegi melintasi Jakarta Utara dan Jakarta Barat (Pinangsia, Taman Sari dan Roa Malaka).

Dijuluki "Permata Asia" dan "Ratu dari Timur" pada abad ke-16 oleh pelayar Eropa, Jakarta Lama dianggap sebagai pusat perdagangan untuk benua Asia karena lokasinya yang strategis dan sumber daya melimpah. Sebagai permukiman penting, pusat kota, dan pusat perdagangan di Asia sejak abad ke-16, Old Batavia merupakan rumah bagi beberapa situs dan bangunan bersejarah di Jakarta.



6. Taman Ismail Marzuki (TIM)

TIM berlokasi di Jalan Cikini Raya 73, Jakarta Pusat. Diresmikan pembukaannya oleh Gubernur DKI Jakarta, Ali Sadikin pada 10 November 1968. Ismail Marzuki adalah seorang komponis pejuang kelahiran Betawi (Jakarta) yang telah menciptakan lebih dari 200 lagu di antaranya merupakan lagu-lagu perjuangan bangsa, Halo-Halo Bandung, Berkibarlah Benderaku, Nyiur Melambai, Sepasang Mata Bola.

Atas jasanya itu, komponis Betawi ini diabadikan namanya untuk penamaan Pusat Kesenian Jakarta yang populer disebut Taman Ismail Marzuki (TIM).

TIM dibangun diatas areal tanah seluas 9 hektare. Dulu tempat ini dikenal sebagai ruang rekreasi umum Taman Raden Saleh (TRS).



7. Setu Babakan

Perkampungan Budaya Betawi (PBB) merupakan embrio pusat kebudayaan Betawi, suatu tempat di mana ditumbuhkembangkan keasrian alam, tradisi Betawi yang meliputi; keagamaan, kebudayaan dan kesenian Betawi.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More