4 Kisah Misteri Kali Ciliwung, dari Buaya Buntung hingga Hantu Noni Belanda

Jum'at, 17 Desember 2021 - 16:27 WIB
Kisah misteri Kali Ciliwung terus terngiang di masyarakat hingga kini. Foto: Dok SINDOnews
JAKARTA - Kisah misteri Kali Ciliwung terus terngiang di masyarakat hingga kini. Aliran air yang telah berubah menjadi keruh menyimpan cerita mistis.

Kisah ini disampaikan turun-temurun dan dipercayai oleh masyarakat yang tinggal di sekitar Kali Ciliwung. Berikut 4 cerita misteri Kali Ciliwung yang dihimpun dari berbagai sumber, Jumat (17/12/2021):

Baca juga: Kisah Misteri Danau Sunter yang Terdapat Pulau Kecil, Konon Istana Mariam Jembatan Ancol

1. Buaya Buntung

Salah satu kisah misteri yang sering didengar warga sekitar yakni mitos buaya buntung di Kali Ciliwung. Menurut kepercayaan yang berkembang, korban hilang yang hanyut di Ciliwung merupakan ulah dari siluman buaya yang menghuni sungai tersebut.



Melansir berbagai sumber, salah seorang saksi yang pernah melihat buaya gaib ini mengatakan, sang buaya tidak akan mengganggu kecuali ada orang usil. Cerita lain mengatakan, buaya buntung ini telah menjadi cerita turun-temurun dari nenek moyang. Konon, buaya ini dimiliki oleh seorang warga keturunan Arab yang hidup pada zaman dahulu.

2. Istana Buaya

Banjir besar yang kerap terjadi lantaran meluapnya Kali Ciliwung sering berujung timbulnya korban jiwa. Di masyarakat sendiri ada mitos yang berkaitan dengan hal ini. Konon, arus Kali Ciliwung di bawah jembatan Kampung Melayu, Jalan Abdullah Syafei, terdapat istana buaya. Warga setempat menyebut area ini sebagai Kedung Buaya. Menurut cerita yang beredar, jika ada banjir besar itu tandanya ada buaya putih yang sedang naik.

Baca juga: Misteri Pesawat Jatuh di Gunung Salak dan Keangkeran Segitiga Bermuda Indonesia
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More