Peneliti UI: Tidak Ada Mikroplastik di Galon Guna Ulang

Jum'at, 22 Oktober 2021 - 15:21 WIB
Analisis karakterisasi terhadap mikroplastik yang terkandung dalam sampel menunjukkan bahwa mayoritas bentuk partikel mikroplastik adalah fragmen dengan ukuran berkisar antara 2,44 hingga 63,65 μm.

Meskipun temuan mikroplastik dalam sampel tidak melebihi batas aman yang diberikan WHO, namun bila dikonsumsi dalam jangka panjang berpotensi berisiko tinggi bagi kesehatan manusia.

Karenanya, penelitian ini juga mengestimasi paparan harian mikroplastik AMDK galon sekali pakai pada tubuh manusia dengan cara memberikan kuesioner terhadap 38 responden di wilayah Jabodetabek yang mengonsumsi galon sekali pakai yang sampelnya diuji. Hasilnya, data konsentrasi mikroplastik per liter AMDK dan data konsumsi masyarakat per hari dapat dihitung di mana paparan harian mikroplastik dari sampel galon sekali pakai ukuran 6 liter sebesar 9,450 mg/hari dan dari sampel galon sekali pakai 15 liter sebesar 0,378 mg/hari.

Hasil penelitian ini merekomendasikan agar produsen galon sekali pakai bertanggung jawab memantau dampak penggunaan kemasan plastik terhadap kualitas air minum yang dipasarkan kepada masyarakat. Selain itu, produsen galon sekali pakai juga diminta menunjukkan komitmen serius terhadap regulasi pengurangan sampah plastik nasional.
(jon)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More