7 Tempat Bersejarah di Jakarta Saksi Perjuangan Kemerdekaan Indonesia

Sabtu, 14 Agustus 2021 - 05:25 WIB
Bendera Merah Putih raksasa terpasang di Tugu Monas. Foto: Dok Okezone
JAKARTA - 17 Agustus 2021 Indonesia memperingati HUT ke-76 RI . Bukan waktu yang singkat. Perjalanan panjang perjuangan meraih Kemerdekaan NKRI meninggalkan banyak tempat bersejarah, salah satunya di Jakarta.

Tempat-tempat bersejarah itu menunjukkan betapa tingginya rasa nasionalisme bangsa Indonesia dan tangguhnya para pejuang kemerdekaan mengusir penjajah dari bumi pertiwi. Berikut 7 tempat bersejarah saksi perjuangan kemerdekaan Indonesia di Jakarta yang berhasil dihimpun SINDOnews dari berbagai sumber, Sabtu (14/8/2021).

Baca juga: Bukan Bendera Merah Putih, Klinik Ini Kibarkan Bendera Palestina Jelang Hari Kemerdekaan Indonesia

Museum Perumusan Naskah Proklamasi

Lokasi: Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat



Soekarno dan Hatta yang dijemput oleh Ahmad Subardjo dari Rengasdengklok langsung ke rumah ini untuk melakukan perumusan teks proklamasi. Rumah ini dianggap aman karena Maeda merupakan sahabat Subardjo. Sebagai petinggi militer, rumah ini aman dari pengaruh dan pengawasan angkatan darat Jepang.

Gedung yang sudah berdiri sejak tahun 1920-an ini kemudian diresmikan sebagai Museum Perumusan Naskah Proklamasi. Koleksi di museum ini antara lain naskah proklamasi asli yang ditulis tangan, teks proklamasi asli yang sudah diketik, mesin ketik naskah proklamasi, dan berbagai ruangan yang digunakan dalam rangka penyusunan naskah proklamasi.

Tugu Proklamasi

Lokasi: Jalan Proklamasi, Menteng, Cikini, Jakarta Pusat
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More