Penasaran, Ini Mahakarya Gubernur DKI dari Sutiyoso hingga Anies

Senin, 12 April 2021 - 06:05 WIB
Gubernur DKI Jakarta dari masa ke masa: Sutiyoso (Bang Yos), Joko Widodo (Jokowi), Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), dan Anies Baswedan. Foto: Dok SINDOnews
JAKARTA - Jakarta , ibu kota negara menjadi barometer pembangunan bagi daerah lain. Para Gubernurnya pun memiliki mahakarya pembangunan dalam setiap kepemimpinannya.

Misalnya saja sejak kepemimpinan Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso (Bang Yos) hingga Anies Baswedan yang kini memasuki masa empat tahun menjadi orang nomor satu di Jakarta.

Baca juga: Lucu, saat Anies Menirukan Gaya Ahok dan Ahok Berperan Jadi Anies

Dihimpun dari berbagai sumber, Bang Yos terkenal dengan pencetus moda transportasi bus Transjakarta. Pria yang menjabat Gubernur DKI dua periode sejak 1997-2007 meluncurkan sistem angkutan massal dengan nama bus Transjakarta atau busway sebagai bagian dari sebuah sistem transportasi baru kota pada 2004 dengan Koridor Blok M-Kota atau koridor I. Setelah sukses dengan Koridor I, pengangkutan massal dikembangkan ke koridor-koridor berikutnya hingga mencapai koridor VII.

Keberadaan Transjakarta awalnya ditentang beberapa pihak terutama pengguna kendaraan pribadi karena mengurangi satu lajur jalan. Selain itu, pembangunan halte-halte busway juga mengakibatkan sebagian pepohonan yang berada di pembatas jalan ditebang.



Di lain pihak, Transjakarta disambut baik penggunanya karena dianggap lebih nyaman dari angkutan umum sejenis lainnya. Pengembangannya pun berlanjut sampai kepemimpinan Anies yang saat ini berjumlah 13 koridor.



Bus Transjakarta dicetuskan oleh Bang Yos. Foto: Dok SINDOnews

Setelah Bang Yos, pada Pilkada 2007 Fauzi Bowo atau akrab disapa Foke terpilih menjadi Gubernur DKI. Foke diketahui pendamping Sutiyoso. Selama satu periode memimpin Jakarta, banyak kebijakan Foke yang terlontar tapi belum terlaksana seperti proyek Jakarta Emergency Dredging Initiative (JEDI) dalam Penanggulangan Banjir Jakarta dan Mass Rapid Transit (MRT).
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More