Waspada Akun Facebook Palsu Wali Kota Bogor Bima Arya, Bisa Hack Nomor WhatsApp

Selasa, 05 Januari 2021 - 11:11 WIB
Masyarakat diminta untuk mewaspadai akun Facebook yang mengatasnamakan Wali Kota Bogor Bima Arya.Foto/Putra Ramadhani Astyawan/MNC Portal Indonesia
BOGOR - Masyarakat diminta untuk mewaspadai akun Facebook yang mengatasnamakan Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto . Pasalnya, akun palsu itu akan mengambil alih nomor WhatsApp untuk melakukan aksi penipuan.

"Sehubungan dengan maraknya penipuan melalui akun facebook yang mengatasnamakan Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto oleh karena itu kami mengimbau kepada siapapun agar berhati-hati terhadap modus penipuan tersebut," ungkap Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Pemkot Bogor, Rudiyana kepada MNC Portal Indonesia, Selasa (5/1/2021).

Akun palsu tersebut memasang foto dinding saat pelantikan Bima Arya bersama wakilnya Dedie A. Rachim oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Sedangkan, akun yang asli memasang latar belakang foto arak-arakan bendera merah putih dan foto profil Bima Arya sedang berlari dengan 3.381 pertemanan.

"Modusnya melakukan chat di Facebook kepada calon korbannya. Kemudian meminta dikirimkan nomor verifikasi 6 digit yang ada di ponsel korbannya alasan agar bisa lanjut ke percakapan WhatsApp. Jadi nanti dia akan meng-hack WhatsApp dan melakukan penipuan meminta pulsa di kontak kita," bebernya. (Baca: Kasus Pemukulan Aiptu Imam Chambali, Polisi Periksa 3 Saksi)

Oleh karena itu, jika ada masyarakat menerima informasi mencurigakan yang mengatasnamakan Wali Kota Bogor Bima Arya melalui media sosial diharapkan untuk segera mengabaikannya."Bisa juga melaporkan melalui Aplikasi SiBadra dapat diunduh di Playstore dan Appstore," tutup Rudiyana.



Sebelumnya, beberapa waktu lalu juga muncul akun Facebook yang mengatasnamakan Bupati Bogor Ade Yasin. Sedikit berbeda, akun tersebut modusnya menawarkan calon korbannya bantuan dari proram pemerintah untuk menghack nomor WhatsApp.
(hab)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More