5 Fakta Jelang Pelantikan Presiden, Muncul Spanduk Ajakan Antar Prabowo ke Istana

Sabtu, 19 Oktober 2024 - 09:49 WIB
Sejumlah tokoh nasional dan pemimpin dunia dijadwalkan hadir dalam acara pelantikan tersebut. Para mantan Presiden, mantan Wakil Presiden, kandidat Pilpres 2024, serta para pemimpin dunia maupun utusannya akan hadir.

Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono mengatakan, tamu-tamu negara yang menghadiri pelantikan Presiden Terpilih Prabowo Subianto akan mulai berdatangan hari ini, Sabtu (19/10/2024). Mereka akan tiba di dua lokasi yakni Bandara Halim Perdanakusuma dan Bandara Soekarno-Hatta.

Heru mengatakan, bakal ada 20 pimpinan negara yang akan hadir untuk pelantikan Prabowo. Ditambah satu utusan dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Sebanyak 13 utusan khusus Kepala Negara juga akan hadir. “Ada utusan PBB ya, jadi kepala negara 20 plus 1 di kawasan Eropa, jumlah perwakilan utusan khusus kepala negara 13."

3. TNI dan Polri Siapkan Pengamanan



Simulasi pengamanan Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden 2024-2029 di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta. Foto/Arif Julianto

Sebanyak 100 ribu prajurit TNI dari tiga matra diterjunkan dalam pengamanan Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden besok. "Kita melaksanakan apel kesiapan dalam rangka pelaksanaan pengamanan pelantikan presiden. Jumlah personel dari TNI 100 ribu," ujar Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto seusai Apel Gelar Pasukan Dalam Rangka Pengamanan VVIP Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat, Jumat (18/10/2024)



Agus mengatakan, pihaknya akan selalu berkoordinasi dengan kepolisian demi kelancaran acara selama proses pelantikan. Anggota Paspampres yang berjaga di Ring 1 atau pengamanan tamu VVIP akan diperkuat dengan pasukan sniper. "Ring 1 dari Paspampres lengkap dengan sniper dan antidrone dan Ring 2, 3 pasukan TNI dan kepolisian," tuturnya.

Sementara, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan pihaknya mengerahkan 15 ribu anggota untuk mengawal pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih pada 20 Oktober 2024.

Kapolri menambahkan, dalam pengamanan ini pihaknya membagi menjadi delapan satuan tugas (satgas). "Tentu yang harus kita antisipasi adanya potensi masyarakat yang akan melaksanakan kegiatan tentunya ada yang ikut bergabung dalam menyambut rencana pelantikan, termasuk mungkin mendoakan," ujarnya.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More