Program Bang Doel untuk Bantu Gen Z Jakarta Agar Tak Kena PHK Dinilai Tepat

Senin, 07 Oktober 2024 - 20:20 WIB
Ditambah, dengan program perlindungan bagi Gen Z, juga mengusahakan agar pelamar kerja yang selalu dibatasi secara usia, dinilai sangat tepat. Apalagi jika dibekali dengan kemampuan skill dan pelatihan kerja.

Karena itu, program Rano jika nanti diterapkan, hanya tinggal dibahas komprehensif dan diatur dengan kajian secara menyeluruh. Karena, dari sisi anggaran sangat memungkinkan untuk terealisasi.

"Ini menarik, karena selama ini kita tahu, usia menjadi salah satu ganjalan, padahal satu sisi mereka (masyarakat) perlu mendapatkan pekerjaan," kata dia.

Sementara mengenai postur anggaran untuk menyelamatkan warga dari PHK, Karyono merasa APBD Jakarta bisa menopang dan menyelamatkan Gen Z dari pengangguran. "Kalau dilihat kan dari postur anggaran besar. Anggaran bisa menopang itu. Itu realistis ya, karena postur anggaran sebesar Rp83,78 triliun, sudah jelas," papar dia.

Menurut Karyono, yang justru ditunggu selama ini adalah goodwillnya dari visi-misi setiap calon peserta pilkada. Karyono merasa, Rano Karno mampu dalam mengentaskan masalah di Jakarta. "Nah, bagaimana ini harus terealisasi, maka jawabanya harus diprioritaskan. Jangan hanya jargon," jelas dia.

Diketahui, Berdasarkan data terbaru dari Badan Pusat Statistik (BPS) Jakarta, pada Februari 2024, jumlah warga yang menganggur di Jakarta mencapai 283.000 orang.

Dari sisi anggaran, Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Jakarta untuk 2024 sebesar Rp83,78 triliun. Sementara sektor Sosial dan Ketenagakerjaan, mendapat porsi sebesar Rp7 triliun di alokasikan untuk program bantuan sosial, pengentasan kemiskinan, serta pelatihan kerja bagi masyarakat.
(cip)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More