Menuju Misa di SUGBK, Paus Fransiskus Bakal Naik Kendaraan Taktis

Rabu, 04 September 2024 - 13:55 WIB
Kendaraan taktis yang akan digunakan Paus Fransiskus, merupakan produksi PT Pindad. Foto/Pindad
JAKARTA - Pemimpin Gereja Katolik Dunia, Paus Fransiskus akan memimpin Misa Akbar yang diselenggarakan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (5/9/2024). Rencananya Paus akan menggunakan kendaraan taktis Maung menuju GBK.

Kendaraan taktis yang akan digunakan Paus, merupakan produksi PT Pindad yang diinisiasi Menteri Pertahanan (Menhan) sekaligus Presiden terpilih Prabowo Subianto. Kendaraan tersebut diberi nama Maung MV3 Pope Mobile.

Kendaraan ini juga telah dimodifikasi dengan penambahan fitur tangga lipat untuk mengakses panggung, serta dilengkapi kursi utama di bagian belakang kendaraan, sun roof pada kabin pengemudi, rear step untuk penjaga Paus, roof protector antisipasi hujan, dan kursi belakang yang dapat dilipat untuk asisten Paus.



Sebagai informasi, peran Prabowo Subianto terhadap terwujudnya kendaraan taktis Maung berawal saat bertugas sebagai Menhan di Kabinet Indonesia Maju. Prabowo memberikan arahan kepada Pindad mengenai ide pembuatan kendaraan taktis 4x4 yang kemudian dinamai ‘Maung’.



Setelah generasi pertama Maung lahir, Prabowo lantas mengarahkan agar disiapkan beragam inovasi dan perbaikan hingga akhirnya Pindad meluncurkan generasi ketiga (MV3) yang memiliki kelebihan dari ketangguhan body kendaraan yang dapat bermanuver di berbagai medan ekstrem.

MV3 varian Tangguh ini juga yang kemudian dimodifikasi untuk mendukung kebutuhan mobilisasi Paus Fransiskus saat Misa Akbar di Indonesia.

Terpisah, pada hari ini Paus Fransiskus menyambangi Istana Negara untuk melangsungkan pertemuan dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Perjalanannya ke Indonesia merupakan yang terpanjang yang pernah dilakukan oleh Paus Fransiskus.

Presiden menambahkan, masyarakat dan semua pihak sangat menyambut gembira kedatangan Paus Fransiskus ke Indonesia.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More