Pilgub DKI Jakarta, Indikator Politik: RK Lebih Kompetitif Lawan Anies daripada Ahok

Kamis, 25 Juli 2024 - 14:47 WIB
Survei Indikator Politik Indonesia menyebutkan, politikus Partai Golkar Ridwan Kamil dinilai menjadi lawan kompetitif Anies Baswedan di Pilgub Jakarta 2024. Foto/SINDOnews
JAKARTA - Survei Indikator Politik Indonesia menyebutkan, politikus Partai Golkar Ridwan Kamil (RK) dinilai menjadi lawan kompetitif Anies Baswedan pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jakarta 2024 daripada kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Padahal, elektabilitasnya pada Juni lalu berada di dua nama tersebut.

Peneliti Utama Indikator Burhanuddin Muhtadi menyampaikan hal itu karena Ridwan Kamil mampu menggaet pemilih Ahok ketika berhadapan (head to head) dengan Anies. Ini terlihat dari selisih dukungan keduanya ketika saling berhadapan dan disandingkan dengan simulasi yang lainnya.

"Kalau misalnya yang kita zoom in Anies versus Ridwan Kamil, suara pemilih Ahok cenderung lari ke RK, 20%. Suara RK awalnya 18,9% (dalam simulasi tiga nama), langsung melonjak 38,8% (ketika head to head dengan Anies). Selisihnya dalam 3 nama antara Anies vs Ridwan Kamil itu puluhan persen, tetapi dua nama, selisihnya menipis. Jadi, sekitar 11%," katanya, Kamis (25/7/2024).





"Jadi, meskipun Ahok nomor 2 di bawah Anies dalam semua simulasi dan di atas Ridwan Kamil, tetapi kalau melihat tren ini, sepertinya RK lebih kompetitif melawan Anies ketimbang Ahok," sambungnya.

Dalam simulasi tiga nama, elektabilitas Anies tertinggi dengan 43,8%, disusul Ahok 32,1%, dan Ridwan Kamil 18,9%. Adapun ketika head to head Anies kontra Ahok, Anies meraih dukungan 52% dan Ahok 42% atau selisih sekitar 10%.



Margin antara Anies dan Ridwan Kamil pun terpaut sekitar 11% ketika keduanya berhadapan. Hasilnya, Anies meraih 50,1% dan Ridwan Kamil 38,8%. Sementara itu, head to head antara Ahok versus Ridwan Kamil hasilnya sama-sama mendapatkan dukungan 44,7%.

Burhanuddin membenarkan kekhawatiran Partai Golkar bahwa Ridwan Kamil belum cukup kompetitif untuk bersaing pada Pilgub Jakarta 2024. Namun, apabila merujuk hasil survei Indikator, Ridwan Kamil tidak dapat dikalahkkan dengan mudah.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More