Hari ke-2 Operasi Patuh Jaya di Depok, Total 426 Pelanggar Tertangkap Kamera ETLE

Rabu, 17 Juli 2024 - 13:44 WIB
Wakasatlantas Polres Metro Depok AKP Rasman menyebut 426 pelangar tertangkap kamera ETLE dalam dua hari Operasi Patuh Jaya 2024. Foto/SINDOnews/muhammad refi sandi
JAKARTA - Hari kedua Operasi Patuh Jaya 2024 , tercatat ratusan pelanggar lalu lintas terekam kamera elektronik atau ETLE. Pelanggar didominasi tak menggunakan safety belt atau sabuk pengaman.

"Kami juga mengoptimalkan penindakan hukum berdasarkan ETLE yang ada di Polres Metro Depok itu ada 426 kali dalam selama waktu dua hari. Maka kita maksimalkan untuk penindakan secara hukum melalui tindakan elektronik yaitu ETLE," kata Wakasatlantas Polres Metro Depok AKP Rasman, Rabu (17/7/2024).

"Yang tindakan ETLE, paling banyaknya tidak menggunakan safety belt. Safety belt paling banyak. Kalau menggunakan handphone itu sedikit, sekitar 3 persenan," tambahnya.





Rasman mengatakan, sanksi teguran juga diberikan kepada pelanggar baik roda dua, empat yang tidak menggunakan helm, parkir sembarangan, hingga berkendara menggunakan handphone.

"Dua hari ini kami sudah melakukan teguran sebanyak 482 kali. Dalam rangka teguran terhadap pengguna jalan tidak menggunakan helm, bawa arus, parkir sembarangan, maupun berkendara menggunakan handphone, maupun berkendara di bawah umur. Kurang lebih itu 482 kali," ujarnya.



Sebelumnya, Satlantas Polres Metro Depok melakukan penindakan bagi pelanggar Operasi Patuh Jaya 2024 menggunakan kamera ETLE atau tilang elektronik secara statis maupun mobile. Adapun Operasi Patuh Jaya berlangsung selama dua pekan sejak 15-28 Juli 2024.

"Kami akan melakukan penindakan secara statis maupun dinamis menggunakan ETLE, 50% preemtive dan preventif dan 50% represif. Tentunya harapannya untuk meningkatkan kesadaran terhadap kepatuhan berlalu lintas," kata Kasatlantas Polres Metro Depok Kompol Multazam Lisendra.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More