Pembangunan Kota, Kotra Gelar Korea-Indonesia Smart City di Jakarta

Senin, 20 Mei 2024 - 19:14 WIB
Forum kerja sama bisnis Indonesia-Korea ini diselenggarakan oleh Korea Trade-Investment Promotion Agency (Kotra) Jakarta. Foto/Istimewa
JAKARTA - Sebanyak 13 perusahaan Korea melakukan tatap muka dengan 38 perusahaan Indonesia dalam rangka forum kerja sama bisnis untuk kota cerdas di ajang Korea-Indonesia Smart City Roadshow di Jakarta.

Tatap muka dalam forum kerja sama bisnis Indonesia-Korea ini diselenggarakan oleh Korea Trade-Investment Promotion Agency (Kotra) Jakarta, bekerja sama dengan Kementerian Pertanahan, Infrastruktur, dan Transportasi Republik Korea.

Diharapkan dengan ajang ini, dapat memperluas kerja sama di sektor kota cerdas antara kedua negara.



Lee Jang-hee, Direktur Kotra Jakarta mengungkapkan harapannya, roadshow ini akan menjadi kesempatan bagi perusahaan-perusahaan Indonesia dan Korea dengan kemampuan teknologi yang sangat baik untuk berkolaborasi dan berkontribusi dalam pembangunan bersama.

"Komitmen Kotra untuk terus mendukung kedua negara di garis terdepan dalam kerja sama ini," kata Lee Jang-hee di Jakarta, Senin (20/5/2024).

Pada forum kerja sama Indonesia-Korea ini, turut pula dihadiri oleh perwakilan dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia dan Asosiasi Pengusaha TIK Indonesia.

Forum ini memperkenalkan berbagai solusi kota cerdas seperti lampu jalan pintar, pusat kendali, sistem pencegahan bencana, serta cara-cara bagi pemerintah daerah untuk berpartisipasi dalam proyek-proyek kota cerdas.

Sebanyak 38 perusahaan Indonesia terkemuka yang ikut dalam forum ini termasuk pemerintah daerah seperti Jakarta dan Semarang, serta perusahaan seperti Hutama Karya dan Wijaya Karya.

Setidaknya lebih dari 80 pertemuan telah terlaksana terkait partisipasi dalam proyek-proyek kota cerdas lokal.

Selain itu, enam perjanjian telah ditandatangani, yaitu empat Nota Kesepahaman (MoU) untuk kerja sama teknis antara perusahaan Korea dan Indonesia, satu Perjanjian Kerahasiaan (NDA) untuk kontrak kemitraan resmi, dan satu Pernyataan Minat antara perusahaan Korea dan Pemerintah Kota (LoI).

Perusahaan-perusahaan Korea yang berpartisipasi dalam roadshow ini adalah perusahaan-perusahaan smart city terkemuka dengan teknologi inti dan pengalaman di sektor solusi ketahanan kota, pencahayaan cerdas, dan solusi manajemen infrastruktur.
(maf)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More